Rubah Fisik Bangunan Wajib Urus IMB

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 29 November 2019 00:16, Dibaca 336 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Palangka Raya, Rawang mengimbau kepada masyarakat agar mengurus perubahan status izin mendirikan bangunan (IMB).

(Baca Juga : Pantau USBNBK, Kadisdik Kalteng Ingatkan Sekolah Untuk Berintegritas)

Dia menyebut secara aturan mengurus atau merubah status IMB itu perlu. Bagi yang tidak tahu disarankan bisa proaktif melaporkan ke PTSP, sehingga bisa diproses.

Biaya perubahan status IMB sangat murah. Khusus rumah tipe 36 menjadi tipe 70 tidak sampai Rp200 ribu, sedangkan IMB untuk kepentingan usaha tidak menggunakan retribusi minimal.

Rawang mengatakan sampai saat ini masih ada sebagian warga yang belum sadar mengurus perubahan status IMB. Ada pula yang dengan sukarela mengurus sendiri.

Kami mengimbau masyarakat yang belum sadar dan belum tahu agar mengurus, karena dokumen IMB ini penting bagi pemilik bangunan,” katanya, Kamis (28/11/2019).

Dia menyebut kewajiban memiliki IMB sudah diatur dalam peraturan daerah agar masyarakat taat dan memiliki kesadaran akan pentingnya mengurus IMB. (MC. Isen Mulang)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook