Bupati Kapuas Resmikan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

Kontribusi dari DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS, 31 Oktober 2019 07:12, Dibaca 5 kali.


(Baca Juga : Tim Surveior KARS Lakukan Survey Adkreditasi SNARS Edisi I RSUD Pulang Pisau)


mmckalteng - KUALA KAPUAS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas meluncurkan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, pada Rabu (30/10/2019) pagi di Kantor Desa Bungai Jaya, yang mana diresmikan secara langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Panji Wibisana.


Adapun peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan pita kemudian dilanjutkan dengan penyerahan simbolis klaim JKM untuk tiga ahli waris dan sertifikat BPJS Ketenagakerjaan untuk Perangkat Desa, pendatanganan prasasti dan MoU Desa Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan serta pemasangan Plang Desa Sadar.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang juga mantan Kepala Dinas PU Provinsi Kalimantan Tengah dan pemegang hak paten Nasional serta Internasional bidang konstruksi jembatan itu, menyambut baik atas peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Desa Bungai Jaya. Dirinya mengungkapkan rasa bangganya dengan Desa Bungai Jaya yang terus berinovasi, berkarya dan berkreasi demi kepentingan masyarakat. Dirinya berharap melalui BKPSDM Kabupaten Kapuas dan BPJS Ketenagakerjaan agar 214 desa se Kabupaten Kapuas nantinya juga terpilih menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Ingat kita semua harus sadar dan bertanggung jawab pentingnya perlindungan jaminan sosial ini, untuk mensejahterakan masyarakat khususnya bagi para pelaku ekonomi di desa, dengan program BPJS Ketanagakerjaan kita bisa memberikan perlindungan dalam bekerja, tidak hanya bagi pekerja formal tetapi juga non formal untuk saudara dan keluarga kita,” ungkap Ben.

Pada kesempatan itu, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Panji Wibisana mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Kemudian, dirinya menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan adalah satu program pemerintah yang merupakan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia. Ia menjelaskan, ada 4 layanan yang dikelola lembaganya, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Ia menjelaskan bahwa salah satu syarat dinobatkannya sebuah desa sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah dengan terdaftarnya para aparatur desa pada program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Target kami sampai dengan akhir tahun 2019 nanti menobatkan 675 desa di seluruh Indonesia menjadi Desa Sadar, sekarang kami sudah menyelesaikan 477 desa. Kami mulai sosialisasi berjenjang dimulai dari bawah yaitu dari desa kemudian kabupaten dan provinsi,” Jelas Panji.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bungai Jaya Kadiman mengucapkan rasa syukur karena Desa Bungai Jaya terpilih menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Hal tersebut dikarenakan aparatur desa yang semuanya masuk BPJS Ketenagakerjaan. Ia berharap dengan adanya program ini dapat memberikan pemahaman bagi aparat desa tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan, diharapkan seluruh masyarakat pekerja di desa bisa teredukasi dengan baik. (hmskmf)

                 

DISKOMINFO KABUPATEN KAPUAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook