Maksimalkan Langkah Preventif Cegah DBD

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 18 Oktober 2019 12:34, Dibaca 1,751 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diharapkan dapat lebih memaksimalkan upaya preventif guna mencegah meluasnya wabah demam berdarah dengue (DBD), yang kerap kali mewabah saat musim penghujan.

“Pemko melalui  Dinas Kesehatan, dapat  memaksimalkan langkah antisipasi dini terhadap wabah penyakit DBD ini. Pasalnya, wabah seperti ini kerap kali muncul di musim penghujan,” ungkap Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Kamis (17/10/2019).

(Baca Juga : Tingkatkan Kepariwisataan Daerah, Dispora Kapuas Gelar RIPPARDA)

Upaya pencegahan itu lanjut Sigit, bisa dimulai dari saat masa peralihan musim. Yakni dari musim kemarau menuju musim penghujan. Dimana, dengan semakin cepat upaya pencegahan dilakukan, maka akan semakin baik dan efektif.

Disisi lain kata dia, upaya  sosialisasi secara massif  harus sering dilakukan oleh dinas terkait. Termasuk bagaimana cara pencegahannya, pengunaan bubuk abate, serta mengajarkan masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Selanjutnya, dimaksimalkan pula peran puskesmas yang ada disetiap kelurahan, sehingga memudahkan bagi pemerintah dalam upaya pencegahan melalui pendataan dan pemetaan lokasi yang mana saja dinilai rawan akan terjadinya penyebaran DBD.

“Informasi meluasnya pasien terpapar DBD akan didapat dari puskesmas. Sebab itulah  peran puskesmas sangat diharapkan dalam menyikapi penyakit DBD tersebut,” ujar politikus PDI Perjuangan  di Kota Cantik ini.

Selebihnya lanjut Sigit, langkah pencegahan seperti fogging atau pengasapan insektisida untuk mencegah nyamuk Aedes Aegypti apabila telah ada ditemukan kasus DBD, juga  harus dilakukan dengan segera.

“Lakukan fogging ke lokasi yang ditemukan kasus DBD. Sebab penyakit ini termasuk penyakit menular yang penyebarannya begitu mudah, hanya melalui nyamuk saja. Jadi upaya menekan angka DBD harus lebih maksimal,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook