Gubernur Sugianto Tekankan Pentingnya Pendidikan Kepramukaan Untuk Pembentukan Karakter

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 13 Oktober 2019 14:07, Dibaca 1,251 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa perkembangan gerakan pramuka sudah sangat maju. Ia mengajak masyarakat semua untuk menjaga keberadaan satuan-satuan terdepan gerakan pramuka yaitu Gugus Depan (Gudep) untuk dibina dan dikembangkan dalam upaya merangkul kaum muda Indonesia, khususnya Kalteng agar mempunyai watak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang handal.

"Perlu kiranya dipahami bersama bahwa gerakan pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda melalui kepramukaan untuk melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah," kata Sugianto Sabran dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

(Baca Juga : Gubernur Hadiri Halal bi Halal Pemprov Kalteng, Kemenag, MUI, DAD, dan Ormas Islam se-Kalteng)

Hal ini disampaikannya dalam upacara pembukaan pesta siaga Kalteng Tahun 2019, bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (13/10). Turut hadir Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Prov. Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng, Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalteng, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Palangka Raya, Ketua Mabigus se-Kota Palangka Raya, serta para tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa hal tersebut diatas bertujuan untuk membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Membetuk sikap dan perilaku yang positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional, percaya kepada kemampuan sendiri, serta bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.


"Sebagai wahana pendidikan di luar sekolah, gerakan pramuka sebetulnya mengemban tugas yang cukup berat, yaitu bagaimana mengarahkan dan mengantarkan kaum muda Indonesia ke arah yang lebih baik. Maknanya adalah bahwa pembinaan kaum muda Indonesia harus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga kaum muda Indonesia hari ini lebih baik daripada kemarin, hari esok lebih baik daripada hari ini dan seterusnya," jelas Gubernur.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini mengapresiasi pilihan para anggota pramuka yang memilih gerakan pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler sebagaimana amanat Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekskul wajib di satuan pendidikan dasar dan menengah.

"Pentingnya pendidikan kepramukaan ini terutama untuk pembentukan karakter, mental, dan watak serta kepribadian yang memiliki semangat bela negara, jiwa patriot, semangat membangun, dan sebagai perekat bangsa. Saya harapkan kepada seluruh pelatih, pembina dan orang tua agar bisa saling bekerjasama dalam pembinaan kepramukaan," pungkasnya.

Pembina selaku orang tua mempunyai kewajiban untuk membimbing, mendukung, dan membantu anak-anak dalam mengikuti pendidikan kepramukaan. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut perlu dukungan segenap pihak untuk kesuksesan pendidikan gerakan pramuka yang sejatinya berada di gugus depan.


"Pada kesempatan berbahagia ini saya mengharapkan kegiatan pesta siaga yang kita laksanakan sekarang dapat menghasilkan pramuka siaga yang disiplin, setia kawan, sederhana, jujur, cerdas dan penuh semangat serta mengamalkan dwi satya dan dwi darma," tuturnya.

Pihaknya juga mengharapkan rangkaian lomba yang dilaksanakan dapat melatih pramuka siaga untuk menambah wawasan dan pengalaman, serta bekal keterampilannya dalam hal seni budaya, ketangkasan dan kekompakan yang memuat nilai kemandirian, kerjasama, nasionalisme, tolong menolong dan keberanian. (ARP/Foto:PemprovKalteng)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook