Pancasila Simbol Sejarah Bangsa

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 01 Oktober 2019 19:29, Dibaca 144 kali.


MMCKalteng, Palangka Raya – Momentum Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober tersebut, selain menjadi sebuah refleksi sejarah bagi bangsa, maka tak kalah pentingnya bagi generasi penerus, maka Pancasila menjadi pengingat betapa tingginya nilai perjuangan bangsa selama ini.

(Baca Juga : H. Nadalsyah Gelar Sholat Hajat Untuk Menempati Rumah Jabatan)

Ungkapan ini disampaikan anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Noorkhalis Ridha, Selasa (01/10/2019).

Menurutnya, generasi penerus sebagai bagian dari bangsa Indonesia pasti bisa merasakan bagaimana fase yang begitu dinamis dan menyedihkan dalam perjuangan serta perjalanan bangsa

Maka itu peringatan Hari Pancasila ini menjadi penting bagi kita. Terutama anak-anak muda untuk mengingat bahwa Pancasila itu final,” tuturnya.

Disisi lain dengan momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, setidaknya bisa menjadikan situasi Indonesia, khususnya Kota Palangka Raya bisa lebih kondusif. Terlebih saat ini kondisi pergolakan dari dinamika bangsa yang terus menerus terjadi dalam beberapa waktu belakangan ini

Karena itulah kewajiban kita untuk menjaga keutuhan NKRI. Ini waktu yang tepat untuk bersama membangun persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Ridha menegaskan, tugas para anak muda saat ini tidak lain adalah belajar. Jangan terpancing oleh hal-hal yang dapat membahayakan keutuhan bangsa dan negara.

Disisi lain, tugas orang tua termasuk pemerintah adalah menjaga dan mendampingi anak-anak, untuk mencapai cita-cita masa depan, sebagai generasi penerus untuk memajukan bangsa.

Kita harus terus menerapkan  nilai-nilai Pancasila, supaya timbul rasa nasionalisme. Terpenting, nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila itu bisa kita jalani dengan sebaik-baiknya,” pungkas Ridha. (MC. Isen Mulang.1)



 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook