Pemkab Pulang Pisau Gelar Rakor Pencegahan Karhutla Berbasis Klaster

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 20 Februari 2019 23:42, Dibaca 213 kali.


MMCKalteng - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau menggelar rapat koordinasi (Rakor) pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berbasis klaster bertempat di Aula Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (20/2).

Kegiatan rakor tersebut merupakan sebuah tindak lanjut dari surat Asisten Deputi Tata Kelola Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor ENG.4.4./23/D.III.M.EKON.4/02/2019 Tanggal 12 Februari 2019 perihal rakor karhutla berbasis klaster.

(Baca Juga : Mitra UMKM Bertambah Menjadi 17 Gerai)

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang, Perwakilan Deputi Tata Kelola Kehutanan dan Kepala Bidang Pengelolaan Kawasan Hutan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Pulang Pisau, unsur Forkopimda, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Pulang Pisau, Edy Pratowo yang dibacakan Wakil Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang menyampaikan bahwa Kabupaten Pulang Pisau dengan luas wilayah kurang lebih 899.700 herktar dapat dikatakan 64 persen atau 575.808 hektar dari luasan tersebut adalah lahan gambut.

Untuk itu, tambahnya dituntut kesadaran dan kesiapsiagaan, serta diperlukannya upaya mensinergikan gerak dan langkah dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam penanggulangan bencana yang cepat, tepat, dan terpadu.

Hal ini dilakukan mulai dari tahap prabencana, tanggap darurat sampai rehabilitas, dan rekontruksi sehingga dapat meminimalisir kerusakan serta kerugian dari dampak yang ditimbulkan.

“Pada hakekatnya bencana adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan normal manusia, pandangan ini memberikan arahan bahwa bencana harus dikelola secara menyeluruh sejak sebelum, pada saat dan setelah terjadi bencana,” ucapnya.

Pada kesempatan inilah kami mengajak kepada seluruh pihak terkait agar bersama-sama melakukan mitigasi, pencegahan terjadinya kebakan lahan, hutan dan pekarangan. (MC. Pulang Pisau/Amel/Ayu/Adm)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook