Paparkan Penanganan Karhutla di Kalteng, Kadis Perkebunan, Kepala Pelaksana BPB-PK, BMKG Konferensi Pers di Media Center

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 23 September 2019 16:42, Dibaca 611 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Media Center Pos Komando Penanganan Tanggap Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Prov. Kalteng Tahun 2019, yang bertempat di Lantai 2 Kantor Gubernur Kalteng kembali menggelar konferensi pers, Senin (23/9).

Konferensi pers ini dalam rangka pemaparan penanganan Karhutla di Kalteng yang sudah memasuki status tanggap darurat. Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Perkebunan Prov. Kalteng Rawing Rambang, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Becana dan Pemadam Kebakaran Mofit Saptono, serta Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Tjilik Riwut Anton Budiyono.

(Baca Juga : Hamka : Bangun Rasa Optimisme Selama Pandemi)

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Anton Budiyono menyampaikan prakiraan cuaca mingguan wilayah Kalteng yang berlaku mulai tanggal 19-25 September 2019.

a) Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah bagian Utara, Barat dan Tengah pada tanggal 21 – 25 September 2019.


b) Waspada potensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah ditinjau dari parameter cuaca. Dihimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan upaya pembersihan dan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

c) Waspada potensi penurunan jarak pandang (visibility) akibat asap kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah.

d) Waspada potensi penurunan kualitas udara akibat peningkatan polusi udara karena asap yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan terutama wilayah kawasan gambut di wilayah Kalimantan Tengah. Dihimbau kepada masyarakat Kalimantan Tengah agar selalu menggunakan penutup wajah/masker ketika melakukan kegiatan di luar ruangan, terutama untuk masyarakat kategori sensitif, seperti: balita / anak-anak, wanita hamil, orang tua usia lanjut, orang-orang yang memiliki riwayat gangguan pernapasan dan kardiovaskuler.

e) Waspada potensi gelombang tinggi berkisar antara 1.25 – 2.50 meter yang berpotensi terjadi di wilayah perairan selatan Kalimantan Tengah.


Dihimbau bagi masyarakat pesisir agar lebih berhati-hati ketika sedang beraktivitas di laut. Untuk keperluan perencanaan dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya sebagai antisipasi pembaharuan (updating) dari prakiraan cuaca mingguan. 

Konferensi pers ini disiarkan langsung di media sosial Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Prov. Kalteng, yaitu di Facebook MMCtv Kalteng dan Instagram @diskominfokalteng, hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapat informasi yang aktual mengenai kondisi penanganan karhutla yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebelumnya pada Jumat (20/9) telah dilakukan konferensi pers terkait Penanganan Tanggap Darurat Karhutla di Media Center dengan narasumber Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Dr .H. Slamet Winaryo, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dr. Suyuti Syamsul, MPPM, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus Palangka Raya drg. Yayu Indriaty, Sp. KGA, serta Kepala Diskominfo Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden., M.Si selaku moderator. (ARP/Foto:FEB)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook