Wagub Kalteng : Pemuda adalah Agen Perubahan

Kontribusi dari Widia Natalia, 28 Oktober 2021 15:10, Dibaca 15 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menyampaikan 64,50 juta Pemuda Indonesia, atau seperempat dari populasi penduduk Indonesia menjadi harapan besar kemajuan bangsa yang sudah di depan mata.


“Akan tetapi, tanpa komitmen bersatu para pemuda untuk bangsa, niscaya impian menjadi bangsa yang unggul tidak akan terwujud”, ucap Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan Pidato Tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali pada Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 di Lapangan Halaman Kantor Bupati Seruyan, Kamis (28/10/2021).

(Baca Juga : Wakil Gubernur Kalteng Hadiri Pembukaan Musrenbangnas 2021)

Lebih lanjut, H. Edy Pratowo menyampaikan Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia. Momentum-momentum bersejarah penting dalam perjalanan bangsa Indonesia bisa dicapai dengan modal persatuan para pemuda di tengah berbagai keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia.

Persatuan menjadi syarat mutlak sebuah loncatan perubahan dan menghadapi berbagai tantangan. Ke depan, tantangan bagi bangsa Indonesia khususnya bagi para pemuda tentunya tidak semakin ringan, akan tetapi dengan komitmen bersatu dalam keragaman menjadi modal sosial dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan bangsa ke depan.

H. Edy Pratowo juga mengatakan, dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia Maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

“Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para Pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara Bersama-sama”, pungkasnya.

Turut hadir Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Herson Barthel Aden, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng Falery Tuwan serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait. Dari Pemerintah Kabupaten hadir Bupati Seruyan Yulhaidir dan Wakil Bupati Seruyan Iswanti.(wdy/foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook