Pemerintah Kabupaten Barito Utara Gelar Sholat Istisqa

Kontribusi dari Diskominfo Barito Utara, 23 September 2019 13:39, Dibaca 2,756 kali.


MMCKalteng - Muara Teweh - Bencana kabut asap yang melanda Kalimantan Tengah khususnya Kabupaten Barito Utara beberapa hari ini akibat dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Selain itu, saat ini wilayah Kalimantan sedang dalam musim kemarau panjang. Guna menanggulangi karhutla yang tengah terjadi, Pemerintah Pusat maupun Daerah tengah berupaya maksimal melaksanakan penanggulangan bencana tersebut.

Baik dengan membuat hujan buatan, mendirikan posko-posko siaga karhutla maupun dengan melaksanakan Sholat Istisqa untuk meminta kepada Allah SWT agar dapat diturunkan hujan.

Demikian juga halnya dengan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, selain mengaktifkan Posko Siaga Karhutla, bersama seluruh elemen masyarakat di halaman kantor Bupati melaksanakan Shalat Istisqa, Senin (23/9).

(Baca Juga : Pemkab Pulang Pisau Gelar Rakor Persiapan Pemilu 2019)

Tujuan dilaksanakan shalat ini adalah meminta agar diturunkannya hujan karena kemarau yang panjang dan juga dikarenakan disebagian wilayah Kalimantan Tengah terkena bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Shalat Istisqa yang dimulai tepat pukul 08.00 dengan Imam Ustadz Rusmadi Darsani, Lc diikuti oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi oleh Sekretaris Daerah, unsur FKPD, unsur kepala perangkat daerah, tokoh agama, dan juga ribuan masyarakat yang hadir dari berbagai elemen. Pelaksanaan Shalat berjalan dengan khusu dan khidmat.

Dalam ceramahnya, Ustadz Rusmadi Darsani menyampaikan bahwa shalat Istisqa dilaksanakan apabila terjadi kemarau panjang disuatu daerah. "Siapa saja yang melaksanakan berarti merupakan bentuk taqwa kita kepada Allah dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya," jelas Ustadz Rusmadi.

Kemarau panjang yang dialami suatu daerah bukan hanya karena musim saja bisa jadi karena dosa-dosa yang banyak telah dilakukan oleh orang-orang disuatu daerah itu. "Marilah kita bersama-sama bertaubat kepada Allah dengan sebenar-benarnya taubat agar kita semua mendapat rahmat dari Allah. (Nadi Forester / BARUT - Foto: Diskominfobarut)

Diskominfo Barito Utara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook