Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Apresiasi Prestasi Kabupaten Barito Selatan

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 22 September 2019 00:03, Dibaca 660 kali.


MMCKalteng - Barito Selatan - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengapresiasi berbagai capaian dari Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang baru saja melaksanakan peringatan Hari Jadi ke-60, bertempat di Kantor Bupati Barsel, Sabtu (21/9/2019).

Beberapa prestasi telah diraih oleh Kabupaten Barsel, antara lain :

(Baca Juga : Malam Pencerahan Kebangsaan Dalam Rangka Ikrar Bersama Anak Bangsa Dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018 )

  • Menerima penghargaan Perlindungan Hutan Gambut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.
  • Menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM Tahun 2018 dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

  • Kabupaten Barito Selatan menerima penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia di tahun 2018 yang diserahkan di Jakarta Conventional Center (JCC) di Jakarta.
  • Mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK - RI) Republik Indonesia terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yaitu Tahun Anggaran

Perkembangan makro ekonomi Kabupaten Barito Selatan memperlihatkan perkembangan yang menggembirakan,


  1. Pertumbuhan ekonomi,

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Barito Selatan  berdasarkan data tahun 2018 sebesar 7,10% yang berarti meningkat dari tahun sebelumnya yang berada diangka 5,84% di tahun 2017,

  1. Gini Ratio,

Gini ratio berfluktuasi, dari tahun ke tahun dan pada tahun 2018 sebesar 0,32,

  1. Kemiskinan,

Persentase penduduk miskin Kabupaten Barito Selatan tahun 2018 adalah 4,55%,

  1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

IPM Kabupaten Barito Selatan terus mengalami peningkatan dan pada tahun 2018 mencapai 69,73.

"Dapatlah diartikan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Selatan telah melakukan berbagai inovasi untuk dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, menerapkan keterbukaan informasi publik serta tata kelola pemerintahan yang menggunakan prinsip akuntabilitas dan transparansi. Tekad, komitmen serta kerja keras inilah yang Saya yakini sebagai bentuk perhatian dan ketulusan dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, sehingga mampu mencapai berbagai keberhasilan yang ada," kata Sugianto Sabran. (ARP/Foto:ARP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook