Pastikan Pasokan Air Tersedia, Gubernur Kalteng Tinjau Sumur Bor di Desa Mantaren I, Pulang Pisau

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 17 September 2019 15:43, Dibaca 467 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Usai melakukan peninjauan di RSUD Kabupaten Pulang Pisau, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran beserta rombongan bertolak ke Desa Mantaren I, Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (17/9/2019).

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini meninjau secara langsung kondisi sumur bor di Desa Mantaren untuk memastikan pasokan air tersedia, serta mengecek kondisi dan kendala yang ada di lapangan.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Ucapkan Selamat Atas Dilantiknya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin)

Pembuatan sumur bor di kawasan gambut dipercaya sebagai langkah pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan. Kehadiran sumur bor juga dinilai sebagai langkah yang cepat, pasalnya bisa menjadi cara paling efisien untuk mendekatkan sumber air ke lokasi rawan kebakaran.

Sebelumnya, akses air yang jauh menjadi salah satu masalah dalam hal pemadaman. Akan tetapi, dengan adanya sumur bor, tidak hanya membuat penanggulangan kebakaran lahan dapat dilakukan segera, tapi juga membawa manfaat lain, yakni pembasahan lahan gambut secara berkala dengan mudah.


Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengecek jumlah personil dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Pulang Pisau serta peralatan apa saja yang tersedia dan usia dari peralatan tersebut dengan berdialog langsung bersama stakeholder terkait.

Peninjauan Gubernur di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau dalam rangka melihat langsung kondisi penanganan Karhutla di lapangan, sembari berpesan kepada masyarakat agar tidak membakar saat kemarau panjang.

“Ketika siapapun yang membakar hutan terutama di Kalimantan Tengah maka semuanya akan rugi, oleh karena itu untuk yang membakar diharapkan sadar, dan jika ada yang membakar hutan maka akan diberikan sanksi tegas,” tegas Gubernur.

Lebih lanjut ia juga mengajak masyarakat untuk optimis, mampu menghadapi kejadian yang ada, serta bersama-sama bekerja keras bahu membahu untuk memadamkan api di Kalimantan Tengah.


Turut hadir mendampingi Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau terkait, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prov. Kalteng, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng, Kepala Dinas Pertanian Prov. Kalteng, serta pejabat terkait lainnya.(ARP/Foto:Yds/xcv)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook