Gubernur H. Sugianto Sabran : Kemitraan Media Massa Dan Pemerintah Daerah Lebih Dioptimalkan Lagi, Khususnya Dalam Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat Memasuki Era Normal Baru di Tengah Pandemi

Kontribusi dari Widia Natalia, 11 Juli 2020 14:38, Dibaca 80 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng menggelar diskusi forum pemred dengan tema masa depan bisnis media di Hotel Neo Palangka Raya, Sabtu (11/7/2020). Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalteng melalui Inspektur Provinsi Kalteng Sapto Nugro.

Gubenur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur Provinsi Kalteng Sapto Nugroho berpesan kepada seluruh pemimpin redaksi agar menyadari bahwa pandemi Covid-19 saat ini telah menimbulkan dampak luar biasa yang dirasakan oleh semua sektor kehidupan secara global, tanpa kecuali juga dirasakan media massa, perusahaan dan karyawan pers di Kalteng. Untuk itu, Gubernur mengharapkan kemitraan antara media massa dan Pemerintah Daerah lebih di optimalkan lagi, khususnya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat disiplin dalam memasuki era normal baru di tengah pandemi Covid-19.

(Baca Juga : Kadis Kominfo Tekankan Pentingnya Sebuah Data Dalam Perencanaan Sebuah Pekerjaan)

Pada kesempatan tersebut, Gubernur H. Sugianto Sabran juga memberikan apresiasi kepada PWI Provinsi Kalteng atas terlaksananya diskusi terumpun tersebut, yang sangat tepat sebagai pemicu dan pemacu bagi lembaga atau organisasi lainnya untuk berupaya optimal dalam mempertahankan eksistensinya sehingga mampu menghadapi pandemi Covid-19 bersama dampaknya yang dialami bersama saat ini.

H. Sugianto Sabran menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng telah mengambil berbagai langkah strategis untuk mencegah dan menangani Covid-19 melalui berbagai kebijakan yang berpihak kepada warga terdampak. Salah satu kebijakan Pemerintah Provinsi Kalteng adalah refokusing dan realokasi dana APBD 2020 untuk kepentingan sektor kesehatan, bantuan sosial dan sektor ekonomi.

Demikian juga perhatian pemerintah Daerah Kalteng terhadap media massa secara bertahap meningkatkan nilai kerjasama dengan sejumlah media massa lokal dan Nasional di Kalteng.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut meyakini bahwa pihak media massa juga mengetahui keterbatasan anggaran dan aturan yang berlaku dalam sistem pengelolaan anggaran Pemerintah, yang penuh kehati-hatian agar tidak melanggar azas atau ketentuan yang berlaku.

Gubernur juga berharap, pihak media taat azas dalam mematuhi ketentuan administrasi yang berlaku dilingkungan birokrasi Pemerintah, sehingga realisasi anggaran dan kemitraan dapat berjalan lancar. Selain itu, diharapkan Pers di Kalteng terus berinovasi dan berkreasi, terlebih bagi PWI Kalteng agar terus meningkatkan kinerjanya terutama program peningkatan kompetensi dan profesionalisme wartawan melalui pendidikan dan pelatihan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yakni Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Bank Indonesia Perwakilan Kalteng Yudo Herlambang dan Rektor Universitas Palangka Raya Andrie Elia Embang.

Turut hadir Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin, Plt. Kepala Biro PKP Provinsi Kalteng Sutoyo, Dinas Kominfo yang diwakili oleh Kepala Seksi Kehumasan Arbandigana, Ketua IJTI Kalteng, Ketua SPS Kalteng, Ketua SMSI Kalteng, Ketua AMSI Kalteng dan Para pemimpin redaksi media cetak, elektronik dan media online.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook