Potensi Karang Taruna

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 14 Agustus 2019 10:06, Dibaca 225 kali.


Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) suatu organisasi di era kompetisi saat ini dapat memberi kesadaran bahwa perkembangan desa masa kini dan yang akan datang telah mengalami perubahan. Keberadaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi seperti karang taruna merupakan aset yang berharga bagi organisasi tersebut. Karena keberhasilan suatu organisasi dapat ditentukan dari kualitas orang-orang yang berada di dalamnya.

Pengembangan SDM pemuda dalam karang taruna akan memudahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Para pemuda lebih positif dalam menyumbang tenaga dan pikiran bagi perangka organisasi karang taruna demi mewujudkan desa yang bermartabat. Keaktifan pemuda ini pun ditunjukkan oleh Karang Taruna Tunas Muda Kelurahan Selat Dalam Kabupaten Kapuas. Karang taruna tersebut akan mewakili Kalimantan Tengah ke dalam lomba Seleksi Pilar-Pilar Sosial Teladan Tingkat Nasional tahun 2019. 

(Baca Juga : SERTIFIKASI DAN PENDAFTARAN PRODUK SEGAR ASAL TUMBUHAN MELALUI OKKPD PROVINSI KALIMANTAN TENGAH)


Karang taruna telah berusaha mengembangkan potensi yang ada untuk menghasilkan karya-karya pemuda dan kontribusi pemuda untuk memajukan desa setempat. Karang Taruna Tunas Muda Kelurahan Selat Dalam akan membawa hasil dari pembudidayaan ikan lele kegiatan pembudidayaan ikan lele berupa kolam buatan. Partisipasi dalam pelaksanaan pada program karang taruna tersebut mengikutsertakan masyarakat pada pelaksanaan program kegiatan agar dapat dijadikan pelaku pelaksana program atau penanggung jawab di setiap kegiatan.

Karang taruna sebagai wadah pembinaan generasi muda untuk dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki. Harapannya generasi muda memiliki rasa tanggung jawab yang besar, baik terhadap diri sendiri, sosial maupun masyarakat. Partisipasi dalam perencanaan pada program karang taruna, yakni pemuda turut serta atau ikut andil dalam kegiatan merencanakan program, rekrutmen atau pemilihan anggota, serta pembentukan program yang akan dijalankan. Tujuannya agar program kegiatan dapat diterima oleh masyarakat, sehingga pemuda mengetahui secara jelas awal perencanaan program dilakukan. Partisipasi masyarakat menjadi penting dalam setiap perencanaan program dan kegiatan sosial.

Turut serta pemuda dalam memanfaatkan program kegiatan dari karang taruna dapat dilakukan dengan cara meningkatkan potensi yang dimiliki. Selanjutnya pihak karang taruna memelihara program dan mengembangkan program dengan cara terus melakukan sosialisasi dalam lingkup anggota maupun dalam lingkup masyarakat. Partisipasi dari pelibatan SDM anggota karang taruna pada pemanfaatan suatu program sampai program tersebut selesai dilaksanakan. Partisipasi untuk mengoperasikan dan memelihara program yang telah disusun.

Karang taruna Tunas Muda tumbuh atas kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari masyarakat Kelurahan Selat Dalam dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda yang ada di desa, kelurahan atau komunitas sosial. Tujuan didirikannya karang taruna Tunas Muda untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada pemuda yang ada di Kelurahan Selat Dalam. Untuk itu pemuda di daerah tersebut perlu mendapatkan perhatian dan kesempatan yang seluas-luasnya dalam bidang sosial. Karang taruna ini diharapkan dapat memberikan kreativitas untuk pemuda dapat berkembang. 

Sasaran yang ingin dicapai oleh karang taruna dapat dititikberatkan pada kesadaran dan tanggung jawab sosial, sehingga mewujudkan kesejahteraan sosial yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kelurahan Selat Dalam. Pemberdayaan karang taruna Tunas Muda dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif berupa pembudidayaan ikan lele mulai dari daging sampai tulang yang sudah diolah sebagai kegiatan yang bermanfaat.(syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook