PDAM Suplai Air Untuk Padamkan Kebakaran Lahan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 07 Agustus 2019 14:21, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kota Palangka Raya terkadang mengalami kesulitan saat hendak melakukan pemadaman api, karena sumber air di lokasi tidak ada.

Kondisi parit mengering. Sementara itu lokasi lahan yang terbakar juga terkadang tidak tersedia sumur bor, sehingga juga menyulitkan bagi tim untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan.

(Baca Juga : SMPN 1 Tewah, Ekspose Sekolah Model Tingkat Provinsi Kalteng )

Solusinya yakni harus melibatkan PDAM dalam rangka menyuplai air untuk memadamkan kebakaran lahan. Setiap hari PDAM harus menyuplai ribuan liter kepada tim Satgas Karhutla.

Seperti Senin (5/8/2019), mobil tangki PDAM harus bolak balik mengirim air untuk mengisi tangki mobil pemadam. Di hari kemarin saja ada tiga kali melayani pengisian mobil pemadam.

“Paginya melayani di Kelurahan Petuk Katimpun dan siangnya di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Soekarno,” kata Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono, Selasa (6/8/2019).

PDAM sudah tiga bulan melayani Tim Satgas Karhutla dalam menyuplai kebutuhan air untuk proses pemadaman. Budi menyebut suplai air PDAM sangat membantu petugas dalam melakukan pemadaman, karena tidak semua wilayah yang terbakar ada air di parit, sehingga harus disuplai dari darat. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook