Potensi Unggulan Desa

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 05 Agustus 2019 07:42, Dibaca 407 kali.


Wilayah desa menjadi wilayah yang menyentuh langsung dengan kehidupan masyarakat. Pembangunan direncanakan secara berkelanjutan untuk menciptakan kesejahteraan. Kawasan perdesaan harus dipandang sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan kawasan perkotaan. Pemahaman yang menyeluruh dan tidak dikotomis ini menjadi penting dan mendasar dalam penyusunan peraturan yang berkaitan dengan perdesaan maupun perkotaan. Hal ini dimaksudkan agar terjadi sinergi dan keseimbangan perlakuan wilayah, khususnya oleh pelaku pembangunan pengembangan wilayah. 

Desa Bungai Jaya Kecamatan Basarang merupakan desa yang memiliki potensi. Potensi desa adalah daya, kekuatan, kesanggupan, dan kemampuan yang dimiliki oleh suatu desa yang mempunyai kemungkinan untuk dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Potensi berupa prestasi yang diraih Desa Bungai Jaya diantaranya Juara VI Desa Pangan Aman tahun 2018, Desa Terbaik se-Indonesia dari 14 Desa Versi BPKP tahun 2016, dan Juara I Lomba KB-Kes Gerak PKK se-Kalteng. 

(Baca Juga : Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19)


Potensi yang dimiliki oleh desa yang memiliki 6 RT tersebut diterangkan oleh Kadiman, Kepala Desa  Bungai Jaya, salah satunya produksi nenas olahan yang sudah dipasarkan ke Banjarmasin, Palangka Raya, Kuala Kapuas dan rata-rata mengirimkan produksi sebanyak kurang lebih 1,5 ton/hari. Selain itu, melalui produksi nenas (pengolahan nenas madu menjadi sirup, selai, keripik, dan lainnya) menghantarkan desa yang memiliki luas wilayah sebesar 555 Ha itu menjadi salah satu peserta pameran di Malaysia Expo tahun lalu. Potensi lainnya dari desa ini adalah produk peternakan yang terdiri dari ternak ayam ras dan ayam kampung yang dikirim ke Kuala Kapuas, Palangka Raya, Pulang Pisau, dan Banjarmasin sebanyak 2 ton/hari dari 8 peternak. Berikutnya terdapat pula produksi sayur segar yang dipasarkan di Pasar Induk Kuala Kapuas dan Palangka Raya, rata-rata sehari kurang lebih 2 ton dan Produk Kerajinan, seperti tikar purun rata-rata 800 lembar/bulan yang dipasarkan di Banjarmasin dan Pulang Pisau, serta gorengan dan kue dengan omset rata-rata perhari Rp1.000.000,- sampai dengan Rp2.000.000,-.

Sejalan dengan potensi yang disebutkan di atas, dalam melaksanakan pembangunan desa, pemerintah melakukan pembangunan melalui dua arah (ganda), yaitu: Pertama, dengan perencanaan partisipatif dalam kerangka pembangunan dari, oleh, dan untuk desa yang disebut desa membangun. Kedua, perencanaan teknokratik yang melibatkan kekuatan supra desa, seperti kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan pemerintah pusat dalam kerangka pembangunan kawasan pedesaan yang disebut membangun desa. Tujuan pengembangan potensi desa adalah untuk mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat desa melalui pengembangan potensi unggulan dan penguatan kelembagaan serta pemberdayaan masyarakat.

Perwujudan desa membangun dan membangun desa dalam menghadapi tantangan kedepan yakni: 1) berkaitan dengan kondisi eksternal, seperti perkembangan internasional yang berhubungan dengan liberalisasi arus investasi dan perdagangan global, 2) bersifat internal, yaitu yang berkaitan dengan perubahan kondisi makro maupun mikro dalam negeri, masalah migrasi spasial dan sektoral, ketahanan pangan, masalah ketersediaan lahan pertanian, masalah investasi dan permodalan, masalah iptek, SDM, dan lingkungan. Untuk itu melalui aplikasi yang ada pada Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas akan mempromosikan produk unggulan Desa Bungai Jaya. Promosi tersebut bertujuan agar potensi desa yang ada dapat tumbuh berkembang, baik jumlah pembudi daya maupun penghasilan. Begitu juga dengan potensi desa lainnya yang ada di Kabupaten Kapuas juga akan dipromosikan. Upaya tersebut dilaksanakan untuk pengembangan potensi ekonomi unggulan desa yang disesuaikan dengan karateristik tipologi desa.(syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Artikel
Artikel
Artikel
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook