Amparan Tatak : Kue Loyang Favorit Di Bulan Ramadhan

Kontribusi dari Widianatalia, 19 Mei 2018 13:19, Dibaca 1,158 kali.


Amparan tatak, kue loyang atau bisa disebut juga jajanan manis tradisional khas Banjarmasin. Kue loyang yang satu ini merupakan kue basah berbahan dasar tepung beras, santan, gula, dan pisang. Tidak hanya di Banjarmasin, jajanan manis ini juga menyebar seiring dengan perkembangan dan penyebaran penduduk asli Banjar ke luar daerah mereka. Sehingga kue ini tidak hanya dikenal di Banjarmasin saja atau Kalimatan Selatan saja. Kue ini juga menyebar di daerah-daerah lain seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur meskipun dalam penyajian atau modifikasi yang sedikit berbeda.

Jajanan manis ini selalu hadir untuk mengisi aneka jualan makanan di pasar pada saat bulan Ramadhan. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang didominasi manis dan gurih membuat kue ini menjadi sajian buka puasa yang pas dan banyak dicari masyarakat saat memilih menu untuk berbuka puasa.

(Baca Juga : Membangun Enam Tingkat Kejujuran )

Rupanya, membuat kue manis amparan tatak tidaklah sulit. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue ini mudah di dapat dan terjangkau harganya. Selain itu, penting juga memperhatikan beberapa bahan-bahan yang akan digunakan dalam pembuatan kue manis ini.

Disini bahan yang digunakan seperti gula yang bersih dengan manis yang alami, akan memberikan rasa manis yang legit serta tekstur warna kue yang putih bersih serta mengkilat karena penggunaan gula dan santan. Pisang juga mempengaruhi dalam proses pembuatan kue manis ini, pisang yang digunakan dalam proses pembuatan amparan tatak juga harus pisang dengan tingkat kematangan yang pas. Sehingga akan memberikan tambahan sensasi rasa yang pas juga serta tampilan yang menarik. Ada baiknya menggunakan pisang dengan tekstur yang tidak lembek namun memiliki rasa manis yang kuat.

Disini tips berbagi tentang tata cara pembuatan kue amparan tatak. Amparan tatak merupakan kue sederhana dengan bahan dan cara yang juga mudah didapat. Tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya di rumah.

Berikut bahan dan cara membuatnya. Bahan-bahan yang harus disiapkan seperti : Bahan I, terdiri dari 5 buah pisang, kukus dan potong-potong, 200 gram tepung beras, 1/2 sendok teh vanila bubuk, 1/2 sendok teh garam, 200 gram Gula dan 700 ml santan kental. Sedangkan, untuk bahan II terdiri dari 60 gram tepung beras, 200 ml santan kelapa kental dan 1/2 sendok teh garam.

Cara membuat amparan tatak menggunakan bahan I, campurkan semua bahan, kecuali pisang. Aduk semua bahan sampai rata. Masukan potongan pisang ke dalam adonan sambil di aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah di olesi dengan minyak. Kukus adonan sampai benar benar matang sekitar 30 menit. Sedangkan, cara membuat amparan tatak menggunakan bahan II, campur semua bahan sambil di aduk rata. Tuang di atas adonan I yang sudah matang. Kukus kembali selama 30 menit atau sampai semua adonan matang. Angkat dan dinginkan lalu potong-potong sesuai selesai dan siap di sajikan. 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook