Kemarau Rentan Penyakit ISPA dan Diare

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 23 Juli 2019 11:53, Dibaca 12 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyebaran berbagai macam penyakit termasuk Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang muncul pada musim kemarau ditahun ini. “Kemarau akan rentan, penyakit seperti ISPA dan diare,”ungkapnya, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, jika berkaca pada musim kemarau di tahun sebelumnya, maka tidak sedikit warga terutama anak-anak yang terdampak penyakit ISPA dan diare.

(Baca Juga : Fairid Harapkan Rukun Sesama Warga Perantauan)

Dengan kondisi demikian, masyarakat harus terus waspada, terutama menjaga kesehatan dengan baik. Mengingat pada musim kemarau berbagai penyakit dapat dengan mudah menyerang masyarakat.

“Debu bercampur polutan yang beterbangan kemungkinan besar masuk ke rongga pernafasan yang akhirnya menyebabkan batuk disertai flu dan ISPA,” ujarnya lagi.

Pada sisis lain lanjut dia, kondisi debit air bersih yang menurun pada musim kemarau, sehingga berpotensi menyebabkan warga memakai air yang kurang bersih untuk kebutuhan rumah tangganya sehingga dampaknya warga terkena diare karena mengkonsumsi air minum yang kurang higienis.

Sebab itu masyarakat harus melakukan pencegahan penyebaran penyakit. Terutama aktif menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Langkah paling efektif ialah dengan terus menjaga kebersihan lingkungan dan terus menggalakkan PHBS. Selain itu juga perbanyak mengkonsumsi makan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ucapnya.

Andjar juga meningatkan warga yang hendak keluar rumah terutama yang bepergian dengan menggunakan kendaraan roda dua dapat selalu mengenakan masker guna mencegah menghirup debu dan kotoran yang bercampur udara bebas.

“Perbanyak mengonsumsi air putih serta makan makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin ditambah minum suplemen jika perlu,” ucapnya menyarankan. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook