Pemkab Mura Wujudkan Keterbukaan Dalam Layanan Informasi Publik

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 06 Juli 2019 02:09, Dibaca 178 kali.


MC_Murung Raya: Dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka Pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat. PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik.

Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan monitoring dan evaluasi terhadap PPID Utama di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Murung Raya (Mura), turut hadir Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Kepala Diskominfo SP Mura Bimo Santoso dan Para Pejabat Pengelola PPID Utama. kamis (04/07).

(Baca Juga : Kepala Dinkes : Cara Aman Cegah Penyebaran Covid-19)


Apresiasi disampaikan langsung oleh Ketua Tim KI Kabupaten DAS Barito, Setni Betlina mengatakan “Secara umum saya anggap pelayanan informasi di kabupaten Murung Raya cukup baik dan terbuka, adanya kelengkapan PPID pembantu sudah terbentuk 30 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari 39 OPD yang ada di Pemkab Mura dan sinergitas keterbukaan yang baik dalam memberikan informasi”.

Komisi Informasi Provinsi Kalteng Setni Betlina menjelaskan “Pentingnya keterbukaan informasi hingga ketingkat desa serta kebutuhan akan informasi publik semakin meningkat, maka perlu terus dikembangkan dari tingkat Kecamatan hingga desa, agar masyarakat memperoleh informasi yang tepat”.


Keberadaan PPID sangat mendukung implementasi keterbukaan Pemerintahan, PPID merupakan garda terdepan dalam mengelola, mempublikasikan, serta memberikan pelayanan informasi. kinerja PPID merupakan salah satu indikator terwujudnya transparansinya penyelenggaraan di suatu Negara. (DiskominfoSP_MC: Anr).

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook