Karakter Peduli Lingkungan

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 01 Juli 2019 07:34, Dibaca 341 kali.


Jumat bersih dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan perilaku kehidupan sehat. Penerapan kebiasaan hidup bersih sesuai dengan nilai agama dan budaya sehat. Kegiatan Jumat bersih memerlukan kerjasama berbagai lintas. Pelaksanaan Jumlat bersih ini berada mulai tingkat pusat sampai tingkat kecamatan. Manifestasinya adalah Program Jumat Bersih, yaitu setiap atau per hari Jumat. 

Usaha yang dilaksanakan bersama, baik dari pemerintah maupun masyarakat dapat saling mengisi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, khususnya permasalahan lingkungan. Hal ini pun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas. Pemerintah Daerah tersebut menggelar Jumat bersih yang berlokasi di Pasar Danau Mare dan Pasar Sari Mulya hingga Blok R yang diikuti oleh seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kota Kuala Kapuas. Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, dan Camat Selat turut serta mengikuti Jumat bersih yang dilaksanakan pada hari Jumat. 

(Baca Juga : Sosialisasi Penanganan Hewan Kurban)

Di saat yang sama Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas menyampaikan agar dapat bersama-sama mensosialisasikan terkait kebersihan. Beliau juga mengajak masyarakat jika melihat sampah sebaiknya diambil dan dibuang ketempatnya. Harapannya lebih lanjut kepada masyarakat agar sebelum membuang sampah sebaiknya harus dilakukan pemilahan sampah organik yang nantinya dapat dijadikan sebagai kompos serta sampah nonorganik.

Selesai melaksanakan Jumat bersih Plt. Kepala Dinas Kominfo melalui mobil siaran mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan ikut langsung melakukan Jumat bersih di pasar. Beliau berharap supaya kegiatan ini sebagai contoh dari Pemerintah Daerah yang selalu meningkatkan kepedulian masyarakat untuk turut serta membersihkan lingkungan, baik tempat tinggal maupun tempat usaha secara mandiri.

Adanya penanaman karakter peduli lingkungan menjadi upaya untuk membentuk masyarakat yang berakhlak mulia dan mampu menempatkan dirinya dalam situasi apapun. Karakter yang kuat akan membawa dampak yang positif menuju kesuksesan pembangunan di daerah di masa depan. Pentingnya dilakukan penanaman karakter secara langsung dapat membentuk nilai-nilai yang positif. Lingkungan yang bersih dan nyaman merupakan sarana pendukung terselenggaranya pembangunan. Dengan membudayakan kebersihan lingkungan merupakan wujud perilaku yang baik. 

Kuatnya karakter peduli lingkungan bagi masyarakat sebagai benteng untuk menghadapi segala hal di masa depan. Tidak hanya ilmu pengetahuan yang harus dimiliki, tetapi kecakapan berpikir dan berperilaku dalam berbagai lingkungan juga sangat penting. Asmani (2011) menyatakan karakter yang kuat merupakan prasyarat untuk menjadi seorang pemenang dalam medan kompetisi. 

Penerapan Jumat bersih sebagai upaya untuk mendorong dan meningkatkan kemauan, kemampuan, dan pemahaman. Monitoring atau pengamatan keterlibatan aparat pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan Jumat bersama perlu adanya penerapan disiplin. Keseimbangan dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat menimbulkan kepedulian dan kedisiplinan terhadap keadaan sekitar. Keberadaan lingkungan ini bergantung kearifan dalam pengelolaan dan pelestariannya. Bersyukur dengan cara menjaga lingkungan dan berpartisipasi dalam program Jumat bersih yang digulirkan. Untuk itu aparat pemerintah dan masyarakat mengemban amanah untuk mengelola lingkungan melalui Jumat bersih agar selalu membawa kebaikan bersama. (syatkmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook