Tim Penilai Hatinya PKK Nasional Datangi Desa Sido Mulyo

Kontribusi dari Gusti Mahfuz, 01 Juli 2019 15:47, Dibaca 2,883 kali.


MMCKalteng - Kapuas - Tim penilai Hatinya PKK yang tergabung dalam Pokja III di Ketuai oleh Johan Susmono serta satu anggota yaitu Mamik Mindari mendatangi Desa Sido Mulyo, Kecamatan Tamban Catur yang mana lokasi tersebut menjadi perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti lomba Hatinya PKK Tingkat Nasional Tahun 2019. Kedatangan mereka tersebut bertujuan untuk memverifikasi secara langsung mengenai pengaplikasian yang berkaitan dengan Pokja III yaitu mengelola program Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga di Desa Sido Mulyo.

Kedatangan tim penilai tersebut didampingi oleh Sekretaris TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah Titik Sundari beserta dua anggota tim penilai dari Provinsi Kalimantan Tengah serta juga didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ary Egahni beserta jajaran. Kehadiran mereka disambut meriah oleh warga desa dan dilakukan pengalungan berupa kain batik motif dayak oleh Kepala Desa Sido Mulyo Lasino beserta Ketua TP PKK Desa Sido Mulyo Lasturi, Pada Senin (1/7/2019) pagi.

(Baca Juga : Aksi Penanaman Pohon Oleh 98 Wali Kota se- Indonesia)


Pada kesempatan itu, tim penilai disuguhkan berbagai aneka olahan dari TP PKK Desa Sido Mulyo salah satunya adalah produk stik ketan bayam, rempeyek bayam, rempeyek kelakai, bawang dayak, dan aneka jamu berbahan asli dari Desa Sido Mulyo. Lalu mereka disuguhkan persembahan yel-yel dari TP PKK Desa Sido Mulyo.

Ketua tim penilai Johan Susmono dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya dan mengucapkan terima kasih karena disambut baik mulai dari kedatangannya di Palangka Raya, kemudian di Kabupaten Kapuas yang pada malam itu dilaksanakan jamuan makan malam di rumah jabatan Bupati Kapuas dan disambut meriah lagi di Desa Sido Mulyo.


Ia menerangkan bahwa masuk nominasi 6 besar itu sudah merupakan hal yang luarbiasa karena bersaing dengan 440an Kabupaten/Kota di 28 Provinsi se Indonesia. lalu ia menjelaskan bahwa nantinya akan ada tim kecil beranggotakan tujuh orang dan akan merapatkan lagi untuk mendapatkan juaranya dan diumumkan pada hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) tanggal 24 Juli 2019 di Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa yang menjadi target dalam kegiatan ini adalah pemahaman akan perlunya ketersediaan pangan dan pemanfaatan pekarangan yang baik untuk masyarakat. "Ketersediaan pangan merupakan filosofi yang harus ada, kita harus bisa meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. TP PKK merupakan mitra kerja yang memiliki sepuluh program kerja dan perlu terus dilibatkan. saya harap semua desa dapat menerapkan ketersediaan pangan dan pemanfaatan pekarangan dengan baik," ucap Johan.

Di tempat yang sama Kepala Desa Sido Mulyo, Lasino menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai dan rombongan ke desa seraya menerangkan berbagai profil mengenai desa, ia mengungkapkan bahwa desa Sido Mulyo memiliki rumah pintar Bunda Ary yang berdiri sejak tahun 2015 yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk menambah segala pengetahuan dan keterampilan termasuk pemanfaatan hasil lahan pekarangan dan tempat untuk pendidikan anak-anak sejak dini termasuk pengenalan agar cinta tanaman dan aneka manfaatnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas yang sangat banyak membantu desa salah satunya menyediakan bantuan pupuk dan bantuan bibit ikan untuk dibudidayakan," imbuh Lasino.

Sementara itu Ketua TP PKK Desa Sido Mulyo, Lasturi dalam laporannya menyampaikan kegiatan TP PKK di Desa Sido Mulyo sangat aktif dalam mendukung 10 program PKK. ia menjelaskan bahwa pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman pangan, aneka tanaman hias, ikan dan ternak telah didapatkan hasilnya untuk menambah gizi keluarga dan meningkatkan pendapatan keluarga.

Usai pembukaan, tim penilai langsung melakukan penilaian mengelilingi kawasan desa berlanjut menuju rumah pintar Bunda Ary dan melihat secara langsung pemanfaatan bio gas dari kotoran sapi di salah satu rumah warga. (hmskmf)

Gusti Mahfuz

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook