Ketersediaan Hewan Kurban Mencukupi

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 26 Juli 2019 13:29, Dibaca 170 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya Sumardi, mengatakan, ketersediaan hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah mencukupi.

“Hewan kurban seperti sapi maupun kambing masih mencukupi keperluan masyarakat pada hari raya kurban di tahun ini,” ungkapnya, Kamis (25/7/2019).

(Baca Juga : Bupati Pulang Pisau Instruksikan OPD Agar Miliki Inovasi)

Disebutkan Sumardi, sedikitnya  ada sekitar 900 ekor sapi serta sekitar 200 kambing yang sudah masuk ke Kota Palangka Raya. Namun seiring dengan  mendekatinya hari raya kurban, maka pasokan dua jenis hewan kurban tersebut memungkinkan untuk bertambah.

“Disamping mengandalkan pasokan yang didatangkan dari luar daerah, maka pasokan dari hasil peternakan warga lokal  juga akan menambah jumlah ketersediaan hewan kurban,” ujarnya lagi.

Harus diakui lanjut Sumardi, pengembangan produksi sapi atau kambing dari peternak lokal di Palangka Raya masih sedikit atau berkisar 10 persen,  tidak sebanding dengan tingginya permintaan hewan kurban. Namun  produksi ternak tetap sangat diharapkan untuk memenuhi  keperluan masyarakat.

“Intinya masyarakat yang memerlukan hewan kurban  tidak perlu khawatir kekurangan stok hewan kurban, sebab dipastikan ketersediaaanya akan tetap mencukupi,” ucapnya.

Sementara terkait kesehatan hewan kurban, menurut Sumardi pihaknya telah menyiapkan tim pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan untuk dijadikan kurban.

“Nanti ada tanda diberikan pada hewan kurban yang dinyatakan layak atau sehat. Tanda tersebut berupa tanda pening yang dipasang pada tali atau telinga hewan kurban,” tutupnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook