BPS Gelar FGD Penyusunan Inter Regional Input Output (IRIO) Prov. Kalteng Tahun 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 27 Juni 2019 11:18, Dibaca 935 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (BPS Prov. Kalteng) gelar Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Inter Regional Input Output (IRIO) Prov. Kalteng Tahun 2019, di Swiss-Belhotel Danum.

Turut hadir Sekretaris Daerah Prov. Kalteng yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, Kepala BPS Prov. Kalteng Yomin Tofri, M.A, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Ika S. Windiarti, ST., M.Eng, PhD, serta para tamu undangan.

(Baca Juga : 81 Persen Peserta Test CPNS Provinsi Kalimantan Tengah Adalah Warga Domisili Kalimantan Tengah)

Kepala BPS menjelaskan bahwa FGD ini merupakan salah satu tahapan penting dalam Penyusunan Inter Regional Input Output. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh provinsi, termasuk di Kalimantan Tengah. Dari FGD ini diharapkan dapat menghasilkan bahan rumusan dan strategi untuk pelaksanaan Penyusunan Inter Regional Input Output (IRIO) Indonesia yang didahului dengan penyusunan Tabel Input Output Nasional dan Tabel IO 34 provinsi di Indonesia. 


"FGD ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan penyusunan Tabel Input Output Provinsi dan Tabel Inter Regional Input Output kepada stakeholder," ucap Yomin.

Kemudian mendapatkan dukungan Dinas/Badan/SOPD/Instansi terkait maupun perusahaan/Assosiasi terkait pengumpulan data/ informasi untuk penyusunan Tabel IO dan IRIO.

"Mendapatkan informasi mengenai gambaran keterkaitan antarwilayah dalam menunjang pembangunan nasional terutama dalam menyusun rencana dan evaluasi kebijakan secara terintegrasi yang berbasis spasial," lanjutnya.


"Membangun jejaring (networking) antara BPS dan sumber data melalui user engagement dalam pelaksanaan kegiatan statistik," jelas Yomin, Kamis (27/6).

Tema FGD kali ini mengacu pada tema Rencana Kinerja Pemerintah (RKP) 2019 yaitu Pemerataan Pembangunan untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Kepala BPS menyerahkan cinderamata kepada Sekda Kalteng yang diwakili oleh Kadis Kominfo Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si usai membuka secara resmi acara FGD. (ARP/Foto:Asep)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook