Kanker mematikan dan cara mengatasinya

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 04 Februari 2018 14:49, Dibaca 648 kali.


MMCKalteng-Hari kanker Sedunia, ajakan cegah kanker sejak dini, selamatkan jutaan jiwa dari kematian yang dapat dicegah, dengan cara mendorong pemerintah dan individu untuk mengambil langkah nyata memerangi penyakit tersebut.

Kanker merupakan penyakit yang muncul akibat pertumbuhan tidak normal dari sel tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Penyakit ini bisa dipicu oleh multifaktor seperti genetik, karsinogen (agen yang dapat mendorong terbentuknya sel kanker), virus, dan gaya hidup tidak sehat. Tubuh memiliki sistem imun yang bertanggung jawab terhadap serangan asing mikroba atau dari sel yang bertransformasi. Salah satu bentuk pertahanan tersebut dimainkan oleh molekul penting yang disebut antibodi.

(Baca Juga : Perlu Vaksinasi Rutin Guna Menekan Laju Kasus Rabies di Kalteng)

Seperti dilansir dari vemale.com, ada beberapa kanker yang mematikan di Indonesia, antara lain; Kanker paru, trakea, dan bronkus, Kanker payudara, Kanker usus, Kanker hati, Kanker serviks, Kanker prostat. Dan untuk perempuan paling banyak mengidap kanker payudara dan kanker serviks (Leher rahim).

Namun, hal-hal tersebut bisa diatasi sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari makanan minuman yang bisa menjadi pemicu kanker, mengonsumsi makanan organik, mengonsumsi makanan berpigmen oranye, mengonsumsi makanan anti kanker, mencukupi kebutuhan vitamin D, mengonsumsi makanan mengandung magnesium, mengonsumsi biji-bijian, mengonsumsi makanan mengandung zinc dan mengetahui lebih dalam penyebab terjadinya kanker. (EAP/ Foto: Net/ Sumber:Berbagai Sumber)

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook