Palangka Raya Belum Berani Deklarasi 0 Persen BAB Sembarangan

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 21 Juni 2019 14:12, Dibaca 33 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Sampai saat ini Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya belum berani melakukan deklarasi nol persen buang air besar (BAB) sembarangan.

Alasannya, karena sampai saat ini menurut Kasi Lingkungan dan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Iin Norawiyah masih ada sebagian masyarakat yang BAB sembarangan.

(Baca Juga : Menteri Agama Sambut Baik STAHN-TP Alih Status Jadi IAHN-TP Palangka Raya)

Deklarasi itu menurutnya bisa dilakukan jika status open defecation free (ODF) di Palangka Raya sudah 0 persen, sedangkan saat ini status BAB sembarangan masih sekitar 23,57 persen.

“Kita dapati orang-orang yang BAB sembarangan tidak hanya di daerah pinggiran saja, tapi juga ada yang di kota,” kata Iin saat kick off meeting percepatan pembangunan sanitasi permukiman, di Ruang Rapat Bappeda Kota Palangka Raya, Kamis (20/6/2019).

Masalah lainnya sampai saat ini sebagian masyarakat Palangka Raya juga belum memiliki jamban, sehingga tingkat sanitasi lingkungannya masih belum baik.

Karena itu dinas kesehatan mengusulkan program pembuatan jamban agar budaya BAB sembarangan bisa dinolkan dan warga yang belum memiliki jamban bisa BAB dengan nyaman. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook