Ekspor Ikan Hias Lewat Palangka Raya Capai 500.000 Ekor

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 20 Juni 2019 14:14, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Ekspor ikan hias dari Provinsi Kalimantan Tengah masih banyak. Selama 2018 saja ada 500.000 ikan hias yang diekspor ke Singapura.

Ikan hias jenis botia ini oleh Singapura kemudian diekspor lagi ke Amerika dan beberapa negara di eropa. Tahun ini permintaan ekspor ikan hias dari Kalimantan Tengah juga masih tinggi.

(Baca Juga : Pemko Dorong Pembinaan Kesehatan Di Sekolah)

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Palangka Raya, Iromo mengatakan ikan hias yang diekspor ini paling banyak dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara.

“Potensi ekspor ikan hias ini mencapai Rp50 miliar,” kata Iromo seusai menghadiri acara pelepasan bibit ikan di Pelabuhan Kereng Bangkirai, Rabu (19/6/2019).

Tidak hanya ekspor, rupanya warga Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya juga mengimpor ikan, namun khusus untuk bibit budidaya ikan keramba.

Jenis ikan yang didatangkan dari Jawa seperti lele, patin, gurame, dan tilang. “Benih ikan juga ada yang didatangkan dari Jakarta, Bogor, dan Sukabumi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook