Tim Saber Pungli Palangka Raya Gencar Lakukan Sosialisasi

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 22 Mei 2019 09:43, Dibaca 209 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Tim saber pungli Palangka Raya kembali melakukan sosialisasi pencegahan pungutan liar (pungli) dan korupsi.

Tim yang beranggotakan Kejaksaan Negeri, Inspektorat dan TNI/Polri menyasar wilayah sentral pelayanan publik yang dinilai rawan terjadinya praktek pungli.

(Baca Juga : DBD Sempat Menjadi Topik Hangat di Masyarakat Indonesia)

Inspektur Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan menyebutkan, setidaknya ada tujuh titik yang menjadi sasaran sosialisasi.

“Tujuh titik kegiatan sosialisasi ini mencakup instansi pelayanan publik dan sekolah yang berada di Kota Palangka Raya,” ungkapnya, Selasa (21/5/2019).

Seperti sosialisasi di SDN -7 Panarung Kota Palangka Raya, dimana menurut Alman, sekolah ini yang paling banyak dilaporan masyarakat atas dugaan pungutan dengan modus iuran atau komite.

“Makanya hari ini dilakukan pembinaan, jika masih ada laporan maka akan ditindak tegas,”tuturnya.

Alman mengatakan jika ranah pihak Inspektorat adalah penindakan dalam pelanggaran administrasi. Namun jika indikasinya diluar itu, maka akan menjadi ranah penegak hukum dalam hal ini pihak Kejaksaan Negeri dan kepolisian.

“Untuk sekolah juga kami ingatkan soal pemahaman iuran sekolah. Jadi harus dievaluasi. Jangan memungut iuran dulu baru konsultasi, tapi harus konsultasikan terlebih dahulu,” tegasnya

Selebihnya imbuh Alman, sosialisasi ini juga diutamakan bagi kepala sekolah, terlebih sebentar lagi ada penerimaan siswa baru, maka upaya mencegah praktek yang mengarah ke pungli harus dibabat habis. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook