Ketua DPRD Kota Utarakan, Kedepankan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Peserta Didik

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 09 Mei 2019 08:38, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto meminta peserta didik untuk selalu mengamalkan nilai pancasila dalam lingkungan sekolah dan bermasyarakat.

Sejalan dengan itu kata dia, pendidikan dan pembelajaran terkait pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (P4) sudah seharusnya dihidupkan kembali.

(Baca Juga : Ini Pesan Bupati Saat Melepas Pawai Ogoh - Ogoh)

“Ketika bersekolah dulu, saya sempat mengenyam pembelajaran P4 di lingkungan sekolah. Sekarang sudah tidak ada lagi P4,” ucapnya, Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, meski sempat dihilangkan, dirinya menginginkan pembelajaran P4 bisa dikembangkan lagi dalam pengembangan karakter peserta didik.

Pendidikan Pancasila sejatinya kata dia, tidak hanya mencakup pengembangan kepribadian melainkan juga nilai adaptasi dan mengantar anak didik kritis terhadap bangsa.

“Sebab itulah, pengamalan Pancasila sebaiknya benar-benar diwujudkan dalam lingkungan sekolah dan masyarakat,” cetusnya. 

Jika melihat diera sekarang, sambung Sigit, maka tidak sedikit peserta didik yang terjerumus dalam dunia kelam. Terutama perkelahian antar pelajar, bullying, dan pergaulan bebas.

Kondisi ini imbuh dia, tentu membuat sekolah dan orang tua bersama pemerintah harus serius menyikapi guna menjaring persoalan yang dapat merusak masa depan peserta didik selaku generasi penerus bangsa.

“Pelajar merupakan generasi emas bangsa yang melanjutkan estafet pembangunan. Jika tidak kita ingatkan dengan nilai-nilai Pancasila membuat membuat mereka akan tergerus hal-hal negatif,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook