Menteri LHK Dialog bersama Gapoktan Hutan Desa Buntoi

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 08 Mei 2019 23:02, Dibaca 1,464 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar lakukan kunjungan kerja Ke Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah tepatnya ke Pabrik PT. Nagabhuana Aneka Piranti yaitu corporate yang akan mengolah kayu sengon hasil kelompok tani, Rabu (8/5/2019).

Selain melakukan kunjungan tersebut Menteri LHK, Siti Nurbaya juga berdialog dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) hutan Desa Buntoi Kecamatan Kahayan Hilir bertempat di kebun sengon masyarakat jalan Rey 8 Desa Buntoi Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau.  

(Baca Juga : DAD Diharapkan Mampu Memberikan Konstribusi Positif bagi Penyelenggaraan Pemerintahan)

Dalam dialog, Siti Nurbaya mengatakan masyarakat yang telah memanfaatkan fungsi hutan untuk kepentingan pertanian dan perkebunan tanpa merusak ekosistem akan dibina.

“Namun aset tanah yang merupakan hutan negara tidak boleh dimiliki apa lagi dipindahtangankan maupun dijualbelikan,” tegasnya.

Selain itu dalam dialognya juga menyampaikan mengenai usaha pemanfaatan hasil hutan kayu sengon, kualitas kayu yang dihasilkan, sertifikasi teknis dalam penentuan kualitas kondisi kayu yang akan dipasarkan, penentuan harga jual kayu serta menyiapkan pelatihan dan pendidikan bagi kelompok tani

Pemerintah akan terus mengupayakan dan memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam pengembangan hutan tanaman rakyat yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, ucapnya.

Ia juga menambahkan, dalam pengembangan kayu sengon yang akan di pabrikkan ini diperlukan lahan seluas 20.000 hektar, ini adalah peluang yang sangat besar bagi Kabupaten Pulang Pisau untuk menambah lahan yang sudah ada sehingga nantinya Kabupaten Pulang Pisau dapat menjadi percontohan untuk perhutanan sosial dan dapat menjadi pusat industri kayu olahan.

Dalam kunjungan tersebut beliau didampingi oleh Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Sekjen dan Dirjen dari Kementrian lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau. (MC. Pulang Pisau/Amel)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook