Antisipasi Kelangkaan Sembako Perlu Kerjasama Semua Pihak

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 25 April 2019 11:10, Dibaca 224 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya Ihkwanudin mengungkapkan, jika upaya mengantisipasi kelangkaan barang kebutuhan pokok atau sembako dipasaran menjelang bulan Ramadhan memerlukan koordinasi dari banyak pihak.

“Intinya diperlukan koordinasi agar semua komoditas dapat terpantau dengan baik, termasuk berkenaan dengan kenaikan harga,” ujarnya, Rabu (24/4/2019).

(Baca Juga : Bupati Pulang Pisau : CPNS Baru diterima Jangan Minta Cepat Pindah)

Sejauh ini menurutnya, pergerakan harga sembako di pasaran masih fluktuatif artinya turun naik. Seperti gula pasir, minyak goreng yang cenderung masih stabil. Sedangkan untuk tepung terigu malah terpantau turun dari harga biasa.

“Kalau untuk cabai dan komoditas lainnya masih relatif stabil saja, terkecuali bawang merah dan bawang putih yang sedikit mengalami kenaikan harga dari biasa,” jelasnya.

Guna mempengaruhi harga sembako di pasaran agar tidak melambung tinggi lanjut Ihkwanudin, maka pihaknya akan menggelar pasar murah serta operasi pasar bagi masyarakat.

“Operasi pasar pasti akan kami lakukan, sebagai antisipasinya sehingga tidak terjadi kelangkaan yang berakibat tingginya harga sembako,” sebutnya.

Selama bulan Ramadhan nantinya sambung Ihkwanudin, maka pihaknya bakal bekerja sama dengan semua pihak. Seperti pihak BPOM untuk meninjau barang-barang sekaligus mengecek masa Kadaluarsa produk.

“Nantinya dalam pengecekan akan dilakukan secara gabungan.Inilah salah satu bentuk pengawasan akan produk pangan yang harus dilakukan melalui koordinasi dan kerjasama,”tutupnya. (MC. Isen Mulang)

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook