Istri Walikota Banjarbaru Kenalkan Sasirangan Bordir Diyang Kinjut

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 21 Maret 2019 20:59, Dibaca 10 kali.


MMCKalteng – Banjarbaru - Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj. Ririen Kartika mengajak Istri Walikota Se-Kalimantan dalam Ladies program untuk mengunjungi rumah produksi sasirangan Cempaka dan menikmati sajian kreasi Jamu dalam bentuk Ice Cream di Kampung Pejabat, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (21/03/2019).

Kain sasirangan merupakan kain hasil kerajinan masyarakat Banjar. Corak, warna dan motifnya khas kalimantan selatan sangat bervariasi dan diminati tidak hanya oleh warga Kalimantan Selatan.

(Baca Juga : Penutupan Acara Gerakan Sadar Membayar PBB Kota Palangka Raya Tahun 2019)

Salah satu kain sasirangan yang banyak diminati saat ini adalah sasirangan bordir hasil kreasi Hj. Henny Rusilawati yang dikenal sebagai Sasirangan Diyang Kinjut di Jalan Ahmad Yani km 23.

Di Rumah Produksi Sasirangan Diyang Kinjut ini peserta Ladies Program dapat melihat proses produksi kain sasirangan dari dekat, dimulai dari proses pencetakan pola, menjahit jelujur pola kain, pewarnaan kain, pelepasan jelujur pola kain, pencucian, pengeringan sampai tahap akhir pembordiran.

Hj. Ririen Kartika mengatakan Rumah Produksi Sasirangan Diyang Kinjut  selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produk. Saat ini tidak hanya terbatas pada kain sasirangan bordir saja, namun juga tersedia  kerudung, sandal, kipas, aksesoris kerudung bahkan tas bermotif sasirangan dengan corak kalimantan selatan yang sangat khas.

Dipenghujung acara, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru tersebut juga memberikan kain sasirangan lukis kepada semua peserta Ladies Program sebagai kenang-kenangan dari Pemerintah Kota Banjarbaru sebagai Tuan Rumah Rapat Kerja Wilayah ke VII Komisariat V Regional Kalimantan. (MC. Isen Mulang )

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook