Festival Babukung Berlangsung Mulai Tanggal 17-19 Juli 2019

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 19 Maret 2019 10:08, Dibaca 541 kali.


MMCKalteng - Jakarta - (19/3) Pemerintah Kabupaten Lamandau (Pemkab Lamandau) melalui Dinas Pariwisata Kab. Lamandau di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelenggarakan Festival Babukung Tahun 2019 pada tanggal 17-19 Juli di Lamandau.

Pemkab. Lamandau mengangkat tarian topeng tradisional pada ritual suku Dayak Tomun yang dikenal dengan "Babukung" sebagai ikon budaya yang diangkat dari budaya leluhur. Penarinya menggunakan berbagai macam topeng dengan berbagai karakter tertentu, topeng dalam bahasa daerah Lamandau disebut Luha dan Penarinya disebut Bukung. Bukung-bukung atau para penarinya datang dari berbagai desa tentangga atau dari kelompok masyarakat di desa, dengan tujuan untuk memberi penghiburan kepada keluarga yang berduka karena kematian salah satu keluarganya sembari menyerahkan bantuan, serta menari menggunakan topeng yang diiringi tetabuhan musik tradisional. Penggunaan topeng ini dilakukan agar keluarga duka tidak mengetahui siapa yang memberikan bantuan sehingga tidak perlu merasa berhutang budi dan masyarakat Dayak Tomun di Kab. Lamandau sangat meyakini bahwa memberikan bantuan bagi yang memerlukan adalah suatu hal yang tidak perlu dipamerkan, sebagai wujud suatu keikhlasan semata.

(Baca Juga : Pertemuan Gubernur dengan Mahasiswa Kalteng.)

Pemkab. Lamandau telah melaksanakan Festival Babukung dan mulai digelar sejak tahun 2014 dan pada tahun 2015 Pemkab. Lamandau menggelar event "Festival 1000 Bukung" dan mencatatkan festival ini sebagai penampilan penari topeng terbanyak pada museum rekor Indonesia. Saat ini masyarakat Kab. Lamandau memiliki kebanggaan akan Babukung dan tarian yang dulunya hanya dilakukan sebagai bagian dari ritual ini telah berkembang menjadi tarian pertunjukkan yang dapat dinikmati keunikannya oleh khalayak luas. Festival Babukung merupakan Event Budaya tingkat Kabupaten yang pada thun ini dilaksanakan yang ke-6 kalinya pada tanggal 17-19 Juli 2019 di Lamandau.

Target kunjungan pada kegiatan Festival Babukung Tahun 2019 untuk wisatawan mancanegara adalah berjumlah 250 orang dan Wisatawan Nusantara 10.000 orang yang akan datang dalam acara perhelatan pesta budaya di Kab. Lamandau Prov. Kalteng.

Press Conference Calender of Event Kalimantan Tengah dilaksanakan di lobby lantai 2, gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Kegiatan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diwakili Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, Deputi Bidang pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani, Wakil bupati Lamandau, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng, Ir. Herson B.Aden., M.Si, Kepala OPD terkait, rekan media dan tamu undangan. (ARP/Foto:YDS)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook