Kalampangan Raih Penghargaan ProKlim Tingkat Nasional

Kontribusi dari Iin Carolina, 17 Januari 2019 18:07, Dibaca 17 kali.


MMC Kalteng - Kota Palangka Raya kembali meraih prestasi membanggakan, dimana salah satu kelurahannya, yakni Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau menerima penghargaan Program Kampung Iklim atau ProKlim Utama Tahun 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan sebelumnya diterima oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya yang diberikan oleh Kementerian LHK bersama dengan 33 kabupaten/kota lainnya se Indonesia baru baru ini.

(Baca Juga : Atlet Palangka Raya Ikuti Festival Budaya Isen Ulang)

Wakil Walikota Palangka Raya, Hj.Umi Mastikah berkesempatan menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada Lurah Kalampangan, Hadi Suwandoyo, usai Upacara Gabungan di Halaman Balai Kota Palangka Raya, Kamis (17/1/2019).

"Kalampangan merupakan satu satunya kelurahan di wilayah Palangka Raya yang berhasil lolos dan dinilai layak menerima penghargaan ini," ungkap Umi.

Dikatakan, ProKlim merupakan program nasional yang diinisiasi oleh kementerian LHK sebagai upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yang berbasis partisipasi aktif masyarakat dan semua pihak.

Pemko Palangkaraya sendiri imbuh Umi, akan serius menggerakkan program tersebut kepada masyarakat.

"Dengan diterimanya penghargaan ini, dapat mendorong dan memotivasi seluruh kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya untuk terus melakukan penghijauan serta menjaga kebersihan lingkungan," harap Umi.

Sementara itu Lurah Kalampangan, Hadi Suwandoyo mengatakan, diraihnya penghargaan itu tentu melalui proses, dimana masyarakat Kalampangan sejak lama didorong untuk terus peduli lingkungan. Terutama melalui penataan maupun pola hidup bersih. Bahkan masyarakat Kalampangan yang sebagian besar mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan telah mampu menjalankan usahanya dengan tetap mengedepankan ramah lingkungan.

"Semoga apa yang didapat masyarakat kalampKalam dapat menjadi pilot project yang dapat diikuti kelurahan lainnya," tutup Hadi.

Adapun selain menyerahkan secara langsung penghargaan ProKlim untuk Kelurahan Kalampangan, usai kegiatan Upacara Gabungan tersebut, Wakil Walikota Palangka Raya, Hj.Umi Mastikah juga berkesempatan menyerahkan penghargaan sejenis bidang lingkungan yakni sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional kepada SMP Santa Maria Kota Palangka Raya.

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook