Lomba Kreasi Jajanan Kuliner Online Festival Kobar Kreatif Tahun 2020

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 18 Oktober 2020 15:23, Dibaca 109 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Mengawali rangkaian kegiatan Festival Kotawaringin Barat Kreatif Tahun 2020, pada Sabtu (17/10/2020) Dinas Pariwisata (Dispar) Kobar mengadakan Lomba Kreasi Jajanan Kuliner Online. Lomba ini bertujuan untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner yang terimbas pandemi Covid-19 agar mereka dapat memproduksi makanan yang kreatif, inovatif dan layak jual.

Lomba diikuti oleh 82 peserta dari seluruh wilayah Kabupaten Kobar dan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19. Pendaftaran lomba dimulai pada tanggal 5 - 15 Oktober 2020 secara online melalui link yang telah ditentukan.

(Baca Juga : 18.508 Keping KTP Elektronik Dimusnahkan)

Peserta lomba dibagi dalam 4 sesi dan dalam tiap sesi dibagi dalam beberapa kelompok. Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi penumpukan massa. Berbagai jajanan kuliner ditampilkan secara menarik oleh para peserta dan jajanan tersebut selama ini telah mereka jual secara online.

Kadispar Kobar Wahyudi mengatakan dengan adanya lomba ini menjadikan pelaku UMKM menjadi lebih kreatif, inovatif dan nantinya akan memberikan ruang untuk memfasilitasi mereka dalam mempromosikan jajanan.

“Kegiatan ini juga dapat menjadi daya tarik wisata dan menjadi ikon wisata di Kabupaten Kobar. Dan diharapkan melalui kegiatan ini bisa menjadi hiburan masyarakat dikala pandemi dan mereka tetap bisa berkarya,” ucap Wahyudi.

Sementara itu, Kabid Ekraf Dispar Kobar, Derry Damayanti yang juga sebagai ketua penyelenggara kegiatan berharap lomba ini bisa dijadikan wahana pembelajaran dalam mengasah kemampuan memasak dan mengelola cita rasa masakan yang lebih baik lagi.

“Melalui lomba ini juga diharapkan dapat menciptakan kuliner-kuliner unggulan di Kabupaten Kobar,” tuturnya.

Pemenang lomba telah ditetapkan oleh dewan juri dan diumumkan melalui WA grup, dimana semua peserta tergabung dalam grup tersebut. Pemenang Lomba Kreasi Jajanan Kuliner Online, yakni :

  • Juara I diraih oleh produk dengan nama Mie Ayam in the Box atas nama Reny Eka Septiani;
  • Juara II diraih oleh produk dengan nama Klappertaart atas nama Aini Nur Saidah;
  • Juara III adalah Spring Roll atas nama Dina Februariyanti.

Semoga Lomba ini menjadi motivasi UMKM sektor kuliner di tengah pandemi untuk terus berkarya. (dispar kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook