Bupati Murung Raya 1 Desa dijatahkan memiliki 10 Sarjana

Kontribusi dari Ari Satrio Basuki, 19 Desember 2018 11:34, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) memantapkan program peningkatan sumber daya manusia (SDM) di pedesaan pada 2019. Sesuai janji kepemimpinan Perdie – Rejikinnor saat menjadi kandidat calon bupati dan wakil bupati yaitu memprogramnya 1 desa 10 sarjana.

Terkait itu, Bupati Mura Drs Perdie MA menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2019, program tersebut akan dilaksanakan. Di tiap desa sudah disiapkan anggaran untuk memberikan beasiswa kuliah kepada 10 pemuda-pemudi di masing masing desa tersebut.

(Baca Juga : Dispursip Kobar Adakan Kegiatan Story Telling dan Kelas Berbagi bersama TK Harapan Mulia)

“Pemerintah mulai melaksanakan program 1 desa 10 sarjana tahun depan. Sudah dianggarkan di tiap desa sebesar Rp100 juta, dimana per orang yang mendapat beasiswa kuliah dialokasikan 10 juta,” tutur bupati, di Puruk Cahu, Rabu (19/12/2018).

Program tersebut, kata Bupati, dipandang penting untuk meningkatkan level kualitas pendidikan bagi para generasi muda di desa. Dengan demikian akan tumbuh pemuda berkualitas dan tentu berpendidikan sarjana untuk membangun desanya masing masing. Karena membangun daerah harus dimulai dari membangun kualitas mental dan pendidikan masyarakatnya, dan program 1 desa 10 sarjana tersbeut dipandang tepat untuk menjawab tugas tersebut.

Pemerintah, kata Bupati, berkomitmen untuk terus melaksanakan program tersebut dengan tetap mengalokasikan anggaran 100 juta per desa untuk beasiswa masyarakat atau generasi yang kuliah hingga lulus sarjana.

“Bisa dibayangkan, kalau program ini dilaksanakan, Mura empat tahun ke depan akan mampu mencetak 1.000 orang lebih sarjana yang berasal dari pemuda dan pemudi desa untuk kembali dan membangun desanya masing masing," kata Perdie.

Para penerima beasiswa diutamakan pelajar berprestasi dan tidak mampu. Mereka akan dipilih langsung oleh desa masing-masing melalui musyawarah desa.

Sementara itu Kepala Desa Konut, Kecamatan Tanah Siang, Matius Dadang dikonfirmasi terpisah menyambut program satu desa 10 sarjana tersebut.

“Program ini sangat baik dan kami berikan apresiasi kepada Bupati Mura yang telah melaksanakannya, karena memang di desa kualitas pendidikan masih rendah, rata-rata hanya lulusan SMA. Namun dengan adanya program ini, tentu desa akan mampu mencetak sarjana berkualitas dan mampu membangun desa lebih baik ke depan” tuturnya.

DISKOMINFO SP MMC (N.O,Rafik,Selvin)

Ari Satrio Basuki

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook