Serah Terima Bantuan Sumur Bor Kementerian ESDM Di Kelurahan Palangka Raya

Kontribusi dari Martiana Winarsih, 13 Desember 2018 08:22, Dibaca 1,420 kali.


MMCKalteng - Mengambil tempat di kawasan Pasar Kahayan Kelutahan Palangka Kecamatan Jekan Raya, sarana dan prasarana air bersih yaitu sumur bor yang merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), diresmikan.

Serah terima sekaligus sekaligus peresmian sumur bor tersebut dilakukan oleh Asisten III Setda Kota Palangka Raya, Kandarani mewakili Walikota Palangka Raya Fairid Naparin. Sedangkan dari pihak kementerian diwakili Sekretaris Badan Penelitian Pengembangan Energi dan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Yuli Rachwati, Rabu (12/12/2018).

(Baca Juga : Kunjungan Bupati ke Kantor Media Dayak Online)

Kandarani mengatakan, Pemerintah Kota Palangka Raya mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Kementerian ESDM yang telah memberikan bantuan berupa sumur bor bagi masyarakat Kota Palangka Raya, khususnya bagi warga yang ada di Kelurahan Palangka.

" Adanya bantuan sumur bor ini, maka masyarakat diharap dapat menjaga, merawat serta bertanggungjawab sebagaimana tujuan dari peruntukan sarana dan prasarana tersebut," ucapnya.

Sementara itu Sekretaris Badan Penelitian Pengembangan Energi dan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM, Yuli Rachwati usai peresmian menyampaikan, saat ini masih banyak kebutuhan dari berbagai daerah terhadap keberadaan air bersih.

Sementara untuk tahun 2019 mendatang tambah Yuli, Pemerintah Kota Palangka Raya telah mengusulkan bantuan serupa. Yakni pada sepuluh titik di sejumlah kelurahan yang ada.

" Setiap usulan akan ditindaklanjuti. Nantinya akan ada tim yang melakukan survei dan pengkajian untuk memastikan kelayakan pembangunan sumur bor tersebut," jelas Yuli. Sejalan dengan itu Kementerian ESDM telah memprogramkan dalam setiap tahun adanya pengadaan sumur bor air bersih dengan sasaran untuk tahun 2018 telah dibangun sumur bor di 135 Kabupaten/Kota di Indonesia.

" Rata-rata fisik dari sarana dan prasana sumur bor yang sudah diresmikan merata. Yakni dilengkapi dengan satu unit penampungan air yang mampu memuat 5000 liter bisa melayani 2.400 jiwa, serta dilengkapi rumah genset," sebutnya.

Untuk Kota Palangka Raya itu sendiri lanjut Yuli, setidaknya pada tahun 2018 ini ada dua titik sumur bor yang terpasang. " Selain di kawasan Pasar Kahayan ini, maka satu titik sumur bor di bangun pada kawasan Kelurahan Kalampangan," bebernya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Martiana Winarsih

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook