Benang Bintik, Lukisan Harmonisasi Alam dan Budaya Dayak

Kontribusi dari Iin Carolina, 12 Desember 2018 12:39, Dibaca 9 kali.


MMCKalteng - Indonesia kaya akan seni dan kebudayaan yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia, salah satunya adalah batik yang tentunya setiap daerah memiliki ciri khas dan motif masing masing, begitu juga dengan pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Tengah yang terkenal dengan motif bintiknya.

Ternyata suku dayak ngaju tidak hanya kaya akan budaya dan adat istiadatnya saja, namun juga memiliki gambaran kehidupan yang dituangkan kedalam sebuah kain yang bermotif yang dikenal dengan nama benang bintik.

(Baca Juga : Kembali Dishub Lakukan Pencegahan Covid-19 dijalur DAS)

Anang, salah satu pengrajin batik yang sudah cukup lama berkecimpung dalam usaha pembuatan batik yang berlokasi di jalan badakK KotaPalangka Raya saat ditemui awak media Center Isen Mulang dikediamannya sekaligus workshop, Selasa (11/12/2018), menjelaskan bahwa batik benang bintik ini memiliki keistimewaan karena jenis motif yang tertuang dalam kain melukiskan harmonisasi alam dan kebudayaan suku Dayak.

Salah satu wujud motif yang dipercaya sebagai simbol kepercayaan suku Dayak adalah batang garing atau pohon kehidupan, pohon ini melambanhmel suatu hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan dan hubungan horohorizo antara manusia dengan mahluk lainnya, tambahnya.

Selain motif diatas terdapat motif motif pilihan yang semakin memperkaya warisan budaya seprsep motif bajakan (tumbuhan lokal yang berada di Kalteng), Mandau (senjata khas suku dayak), burung tingang (burung khas Dayak), Huma Betang (rumah khas dayak, motif ukiran Dayak) hingga motif Balanga.

Dalam tahapan pembuatan benang bintik yang memiliki kualitas dan seni yang tinggi tentunya membutuhkan proses yang tidak sebentar dan juga tidak mudah, tutupnya

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook