Pemkab Kobar Melepas Rombongan Kesultanan Kutawaringin Mengikuti FKN XII

Kontribusi dari Muhammad Agusta Wijaya, 26 November 2018 20:00, Dibaca 318 kali.


MMC Kalteng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Jum’at (23/11) sore melepas rombongan perwakilan Kesultanan Kutawaringin untuk mengikuti Festival Keraton Nusantara (FKN) XII tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Kobar.

Kali ini, Kesultanan Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat yang menjadi tuan rumah FKN XII, mulai 28 November hingga 2 Desember 2018. Perwakilan Kesultanan Kutawaringin pada FKN XII  mengirimkan 80 peserta dan 4 pandamping yang akan memperkenalkan adat budaya dan tradisinya.

(Baca Juga : Pertemuan Rutin TP-PKK Gelar Lomba Paduan Suara Dan Lomba Bercerita)

Pj Sekretaris Daerah Kobar Suyanto mengatakan, tahun ini Kobar melalui Kesultanan Kutawaringin kembali diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Bagi kita, kontingen FKN kita dari Kesultanan Kutawaringin, Kesultanan Kutawaringin itu membawa nuansa kesultanan di Provinsi Kalimantan Tengah, dan Kobar satu-satunya yang memiliki kesultanan di Provinsi Kalimantan Tengah,” katanya.

Suyanto pun menjelaskan, keberadaan kesultanan dan keraton beserta tradisinya merupakan bagian dari perjalanan Bangsa Indonesia. Bahkan, menurutnya terbentuknya bangsa ini dimulai dari adanya kesultanan dan keraton yang ada di seluruh nusantara.

“Ini menunjukkan bahwa kesultanan dan keraton tidak hanya sekedar kebudayaan, tapi merupakan bagian dari proses perjalanan bangsa, yang menjadikan bangsa yang merdeka,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, untuk itu jangan sekali-kali kita meninggalkan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kesultanan dan keraton.

“hal itu merupakan bagian dari perjalanan bangsa kita, dan kita harus mengingatkan kembali pada generasi sekarang bahwa Indonesia itu, di dalamnya ada kesultanan dan keraton di seluruh nusantara,” tegas Suyanto.

Adapun kegiatan dalam FKN XII di Kesultanan Pagarurung, diantaranya  musyawarah raja-raja, pameran benda pusaka, pagelaran tradisi dan tarian tradisional. (Humas Diskominfo Kobar)

Muhammad Agusta Wijaya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook