Gubernur Kalteng Tanam Pohon Bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat

Kontribusi dari Widia Natalia, 30 Desember 2021 12:55, Dibaca 17 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melakukan gerakan penanaman Pohon serentak yang dipusatkan di Desa Lada Mandala Jaya, Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (30/12/2021). Gerakan ini mengusung Tema “Dengan Menanam Pohon Bersama, Lingkungan Harmoni”.


Pada kesempatan tersebut Gubernur H. Sugianto Sabran meminta agar masyarakat mencintai lingkungan. H. Sugianto Sabran menekankan pentingnya peran masyarakat untuk ikut mengawasi dan memelihara tanaman yang ditanam pada kegiatan ini sehingga dapat tumbuh dengan baik dan dapat memberikan manfaat nantinya bagi masyarakat setempat. Disampaikan bahwa Pohon sebagai penghasil oksigen dan juga menyerap karbon akan dapat mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh asap kendaraan maupun pencemaran lingkungan lainnya.

(Baca Juga : Sahli Gubernur Suhaemi Buka Rapat Finalisasi/ Uji Publik Dokumen Rencana Kontingensi Karhutla Provinsi Kalteng Tahun 2023)

H. Sugianto Sabran mengatakan di Pemprov. Kalteng selain menjalankan program pembangunan infrastruktur, melalui Dinas Kehutanan Prov. Kalteng telah menjalankan program dengan mengintensifkan budaya menanam, mulai dari level Pemerintah Provinsi sampai dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Kalteng. Budaya menanam ini akan dimulai dari lingkungan masing-masing instansi, lingkungan Sekolah, lingkungan tempat ibadah maupun lingkungan lebih kecil yakni rumah tinggal.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga mengatakan pada kegiatan menanam bersama ini telah disediakan bibit tanaman produktif berupa buah-buahan dengan jumlah 550 batang, dimana 200 batang telah diserahkan sebelumnya kepada masyarakat dan sebanyak 350 batang yang ditanam pada kegiatan penanaman pohon bersama.


Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto dalam laporannya menyampaikan jenis tanaman yang ditanam dalam kegiatan ini meliputi klengkeng, mangga, cempedak, rambutan dan jenis buah lainnya. Sri Suwanto menuturkan kegiatan ini menandai kegiatan Pemprov. kalteng Tahun 2022 diantaranya pembangunan hutan rakyat seluas 891 Hektar di 9 Kabupaten, rehabilitasi mangrove seluas 150 Hektar di Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Timur, penanaman/penghijauan lingkungan seluas 10 Hektar, penyusunan rencana pembangunan hutan Kota di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Seruyan dengan dana yang bersumber dari DBH Dana Reboisasi.

Turut hadir Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah, Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat M Rusdi Gozali, Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Barat serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat terkait.(WDY/Foto:Dishut Prov. Kalteng)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook