Pemprov Bersama DPRD Bahas Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Kontribusi dari Widia Natalia, 27 Juli 2021 12:06, Dibaca 22 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Pj. Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin menghadiri Rapat Gabungan DPRD Prov. Kalteng dengan Pemprov. Kalteng. Rapat Gabungan dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (27/7/2021).


Rapat di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno. Pertemuan ini mebahas mengenai Rancangan Awal RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 sekaligus pendapat Fraksi-Fraksi Pendukung DPRD Prov. Kalteng. Sebagaimana diketahui, Rancangan Awal RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 telah disampaikan beberapa waktu lalu kepada DPRD Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng Hadiri Lepas Sambut Kajati Kalteng)

H. Nuryakin saat menjelaskan terkait Rancangan Awal RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 mengatakan Rancangan Awal tersebut berkaitan dengan terpilihnya dan dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Masa Bakti 2021-2024 oleh Presiden RI. Nuryakin mengungkapkan sehingga untuk mengatur langkah kedepan untuk pelaksanaan pembangunan di Kalteng dibuat dalam RPJMD Prov. Kalteng.

Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng Yuren S. Bahat secara teknis menyampaikan mengenai Rancangan Awal RPJMD Prov. Kalteng Tahun 2021-2026 ini. Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih merupakan Visi Pembangunan Daerah dalam RPJMD. Visi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai (desired future) dalam masa jabatan selama 5 tahun sesuai Misi yang diemban.

Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Masa Bakti 2021-2024 adalah mempercepat Pembangunan ekonomi yang produktif, kreatif dan berwawasan lingkungan, memperkuat ketahanan Daerah dan mengantisipasi perubahan global, mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik melalui Reformasi Birokrasi, mempercepat Pembangunan Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat dan Berdaya Saing serta meneguhkan Kalteng yang Beriman, Berbudaya dan berkesetaraan gender. Agar visi dan misi, yang telah dijabarkan dalam tujuan dan sasaran yang telah dirumuskan, maka diperlukan rumusan perencanaan yang lebih bersifat teknis yang berupa Strategi, Arah Kebijakan dan Program Pembangunan.

Sebelumnya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kalteng Hamka mengikuti rapat Badan Musyawarah DPRD Prov. Kalteng. Rapat tersebut untuk menyusun kembali kegiatan DPRD Prov. Kalteng pada Masa Persidangan ke-2 Tahun Sidang 2021.

Pada kesempatan tersebut, Hamka mewakili Pemprov menyampaikan sejumlah masukan terkait jadwal, pihaknya menyetujui jadwal yang telah ditetapkan. Pemprov mengajukan penambahan Raperda mengenai dana cadangan Pilkada 2024 mendatang.

Pj. Sekda Prov. Kalteng didampingi Plt. Inspektur Prov. Kalteng Saring.(wdy/foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook