Majelis Sinode GKE Hibahkan Tanah dan Bangunan kepada Pemkab Katingan

Kontribusi dari Diskominfo Katingan, 29 Desember 2021 14:00, Dibaca 69 kali.


MMCKalteng - Katingan – Bertempat di Gereja Bintang Sawah Tumbang Lahang Kecamatan Katingan Tengah, diselenggarakan Penandatanganan Naskah Hibah Daerah (PNHD) atas penyerahan sebagian lahan eks rumah sakit Tumbang Lahang dari Majelis Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan, Rabu (29/12/2021). Ketua Umum Majelis Sinode GKE Pendeta Simpon F. Lion dalam sambutannya menyebutkan, pihak Majelis Sinode GKE menyerahkan sebidang tanah dan bangunan beserta tanam di atasnya yang terletak di Desa Tumbang Lahang seluas 100 x 100 meter kepada Pemkab Katingan.

Lebih lanjut Pendeta Simpon menambahkan, tujuan pemberian hibah ini adalah untuk pembangunan Pusat Kesehatan (Puskesmas) guna meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat Kecamatan Katingan Tengah dan sekitarnya, dengan pengelolaan diserahkan kepada Pemkab Katingan.

(Baca Juga : Evaluasi Penerimaan PAD dan Penyusunan Target APBDP Kabupaten Kobar Tahun 2021)

“Saya berharap tanah yang dihibahkan saat ini kepada Pemkab Katingan dapat bertumbuh untuk mensejahterakan masyarakat Kecamatan Katingan Tengah dan sekitarnya,” papar Ketua Majelis Sinode ini.


Di tempat yang sama Bupati Katingan Sakariyas menyatakan, pukesmas Tumbang Samba yang direlokasikan di Desa Tumbang Lahang adalah upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Katingan Tengah, sebab di Tumbang Samba telah dibangun rumah sakit pratama yang akan menjadi rujukan bagi beberapa puskesmas di wilayah utara seperti Tumbang Samba, Tumbang Kaman, Tumbang Hiran, Tumbang Baraoi, Tumbang Sanamang dan Tumbang Kajamei.

“Saat ini Puskesmas Tumbang Samba lebih baik direlokasi ke Desa Tumbang Lahang, selain kita telah mendapatkan hibah berupa tanah dan bangunan seluas 1 hektar dari Majelis Sinode GKE, dan juga letak Puskesmas Tumbang Samba sudah tidak representatif mengingat sering kali daerah kita terdampak banjir,” jelas Bupati Katingan.


Sakariyas juga menambahkan Pemkab Katingan akan mencatat dalam pencatatan aset perihal penyerahan hibah tanah dan bangunan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada Majelis Sinode Gereja Kalimantan Evangelis Atas Penandatanganan Naskah Hibah Daerah dan serah terima lahan eks rumah sakit Desa Tumbang Lahang seluas 1 hektar ini dan berkomitmen untuk mengembalikan sejarah bahwa rumah sakit GKE di Tumbang Lahang akan dibangkitkan kembali,” tegas Bupati Katingan.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Hibah Daerah oleh Ketua Majelis Sinode GKE Pendeta Simpon F. Lion dengan Pemkab Katingan, dalam hal ini Bupati Katingan Sakariyas. Tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang, Penasehat Majelis Sinode Kabupaten Katingan Duwel Rawing dan Nikodemos selaku Anggota Majelis Sinode Kabupaten Katingan Periode 2021 – 2026, Pendeta pelayanan dan undangan lainnya. (Diah / Foto : Yeni / edt : rkh)

Diskominfo Katingan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook