Pemprov Kalteng Terima Penghargaan Maturitas Level 3 Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Dari BPKP Prov. Kalteng

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 23 September 2019 21:05, Dibaca 714 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) meraih penghargaan Maturitas level III Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Prov. Kalteng.

Maturitas adalah istilah yang menunjukkan ukuran kualitas, kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi. Semakin tinggi maturitasnya, semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern suatu organisasi.

(Baca Juga : Joko Widodo : Tahun 2020 Food Estate di Kalteng Seluas 30.000 ha)

Penghargaan ini diterima langsung oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng Setia Pria Husada, di Kantor Gubernur Kalteng, Senin (23/9/2019).


"Ya tadi Alhamdulillah sore hari ini, kita Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendapat penghargaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah level 3, berarti dalam pelaksanaan kegiatan, pengawasan itu berarti sudah masuk ke level 3, sudah lebih bagus," kata Sugianto Sabran.

Kedepannya orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini berharap para Aparatur Sipil Negara (ASN) terus bekerja secara maksimal, melakukan peningkatan-peningkatan, khususnya di pelayanan terhadap masyarakat.

"Kita ingin peningkatan kinerja para pegawai Aparatur Sipil Negara yang ada di Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ini lebih baik lagi kedepannya, tentunya kita akan terus mengevaluasi, baik itu masalah pelayanan harus lebih ditingkatkan lagi, SDM kita harus terus ditingkatkan lagi kinerjanya," tuturnya.


Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng Setia Pria Husada mengatakan bahwa SPIP itu jadi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Pemerintah (RPJMN) Tahun 2019, dan diharuskan sudah level 3 secara nasional semua Pemerintah Daerah (Pemda) dan Kementerian/Lembaga (KL).

"Provinsi Kalimantan Tengah telah memenuhi itu, level 3 di tahun 2019, artinya kalau sudah level 3 itu sistemnya semakin kuat pengendaliannya, jadi bukan berdasarkan orang tapi by sistem bekerjanya," kata Setia.

Turut hadir Inspektur Prov. Kalteng Drs. H. Sapto Nugroho H.W, MM, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kalteng Nuryakin, Kepala Dinas, Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Ir. Herson B. Aden, M.Si, serta pejabat terkait lainnya. (ARP/Foto:Asep)

 

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook