Dislutkan Kembali Raih Peringkat Pertama Kategori Informatif

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 25 November 2021 20:38, Dibaca 6 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansjah menghadiri acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng pada Kamis (25/11/2021) siang. Dislutkan Prov. Kalteng berhasil meraih peringkat pertama dalam Kategori Informatif Kualifikasi Badan Publik Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Turut hadir dalam penganugrahan ini Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Bupati/Wali Kota se-Kalteng, Ketua Komisi IV DPRD Prov Kalteng, Pj. Sekretaris Daerah Prov Kalteng H. Nuryakin, Pimpinan Lembaga Vertikal Wilayah Kalteng, Staf Ahli Gubernur, Ketua Komisi Informasi Prov Kalteng Daan Rismon, dan Kepala OPD Prov Kalteng.

Dalam sambutannya Daan Rismon menyampaikan, penganugerahan keterbukaan informasi publik merupakan bagian hasil akhir dari monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi terhadap badan publik oleh komisi informasi. Tujuannya adalah mengevaluasi pelaksanaan dan kepatuhan badan publik dalam layanan keterbukaan informasi publik serta mewujudkan hasil evaluasi pelaksanaan kepatuhan badan publik dalam layanan keterbukaan informasi publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

(Baca Juga : Infografik Akumulasi Kebakaran Hutan dan Lahan Prov. Kalteng)

Ditambahkan Daan Rismon, “Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik mengatur bahwa salah satu fungsi Komisi Informasi menjalankan undang-undang dan peraturan pelaksanaannya melalui evaluasi pelaksanaannya dan kepatuhan badan publik dalam layanan keterbukaan informasi publik. Pada bulan Juli – November 2021 telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik terhadap badan publik di wilayah Prov. Kalteng tahun 2021 untuk melakukan pemeringkatan."

“Khusus Badan Publik yang memperoleh kualifikasi informatif berkenan mempersiapkan diri untuk menjadi tempat kaji banding badan publik lain,” tutupnya.

Di tahun 2021, Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik di Prov. Kalteng terdapat 5 kualifikasi, antara lain kualifikasi Perbankan, Perguruan Tinggi, Badan Publik Vertikal Prov. Kalteng, Badan Publik Perangkat Daerah Prov. Kalteng, PPID Utama Kabupaten/Kota Prov. Kalteng, dengan 3 kategori, yaitu kategori cukup informatif, menuju informatif, dan informatif. Dalam sambutannya Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menyampaikan, penghargaan ini menjadi motivasi kita semua agar ke depan terus memperbaiki serta berinovasi pentingnya keterbukaan publik sebagai bentuk pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Selamat kepada Kota Palangka Raya dan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov kalteng yang telah mempertahankan peringkat pertama informatifnya. Terus berkarya, terus berinovatif untuk memberikan layanan informasi secara terbuka yang diharapkan masyarakat,” ucap H. Edy Pratowo.

Menutup sambutannya H. Edy Pratowo mengingatkan, “Bahwa hasil penganugerahan ini hendaklah jangan dimaknai semata-mata suatu ajang konstelasi antara badan politik publik saja, tetapi harus dimaknai lebih dalam lagi sebagai tolak ukur implementasi keterbukaan informasi publik demi terwujudnya Kalteng Semakin Berkah."

Perlu diketahui, Dislutkan Prov. Kalteng masuk kategori Informatif dengan perolehan nilai 95,47, disusul peringkat kedua Badan Pengembangan SDM Prov. Kalteng dengan nilai 93,33, dan peringkat ketiga diraih oleh BKD Prov. Kalteng dengan nilai 92,23.  


Kepala Dislutkan Prov. Kalteng, Darliansjah menyampaikan, “Puji syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan, terima kasih penghargaan serta apresiasi kepada Bapak Gubernur, Bapak Wakil Gubernur, Bapak Sekda atas motivasinya, arahan serta petunjuk dalam pelaksanaan tugas sehingga kami diberikan penghargaan pada saat ini.”

“Apresiasi kepada Tim Komisi Informasi Prov Kalteng, walau jumlahnya terbatas akan tetapi telah melakukan pendampingan, asistensi serta visitasi ke kantor kami Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng,” tambah Darliansjah.

“Anugerah ini saya persembahkan kepada Tim PPID Dislutkan, terus bekerja keras, bekerja ikhlas, bekerja tuntas, dan teruskan berkreasi, berinovasi. Saya terharu karena penghargaan yang merupakan kado terindah kami peroleh pada hari ini bertepatan hari puncak peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2021,” tutup Darliansjah. (Adt/Ulfi/Foto: Bro)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook