Mensos Siapkan Lumbung Sosial di Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 November 2021 13:19, Dibaca 133 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini pimpin Rapat Tanggap Darurat Daerah Terdampak Banjir di Prov. Kalteng. Rapat digelar terpusat di Tanjung Rangas 1 Bahalap Hotel, Jalan RTA. Milono Palangka Raya, Kamis (25/11/2021).

Rapat dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, Kepala Staf Korem 102/PJG Kolonel Czi Wakhyono dan sejumlah Kepala Perangkat daerah Prov. Kalteng. Dari Pemerintah Daerah hadir Wali Kota Palangka Raya, Bupati Pulang Pisau, Bupati Katingan dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Terima Piagam Pengukuhan The World Tourism Park)

Dalam arahannya, Mensos Tri Rismaharini  menyampaikan BMKG Prediksi Pucak Musim Hujan 2022 terjadi pada Januari-Februari-Maret.

“Kita harus prepare mulai sekarang, kita tidak menginginkan bencana terjadi. Kami khawatir cadangan makanan seperti disimpan ini sudah hampir satu bulan setengah. Kita harus menyiapkan bufferstock atau lumbung sosial semampu kita”, ucap Tri Rismaharini.

Mensos mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah mengirimkan perahu fiber untuk penanganan banjir di Kalteng.

“Kementerian sosial sudah mengirimkan perahu. Kami akan kirim perlokasi lumbung yang disepakati oleh Daerah”, imbuhnya.

Antisipasi banjir di Kalteng, Risma mengatakan pihaknya akan mengirimkan bantuan berupa obat-obatan, pakaian, logistik dan genset.

“Yang pertama harus dilakukan adalah Daerah harus menetapkan dimana lokasi lumbung sosial, itu dimana lokasinya, setelah itu kami akan mengisi. Sementara kami punya 4 perahu, akan kami kirim ke tiap Kabupaten/Kota yang membutuhkan. Disetiap lumbung sosial itu akan ada perahu. Yang genset sudah ready, tinggal digunakan”, pungkasnya.

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menyambut baik program lumbung sosial dari Mensos.

“Kita mendapat bantuan untuk lumbung sosial, mempermudah kita untuk pendistribusian, mengatasi mitigasi maupun kejadian bencana maupun pasca kejadian apa yang akan dilakukan melalui lumbung sosial”, tandas H. Edy Pratowo.(wdy/foto:Asef)

 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook