SPNF SKB Pulang Pisau Gelar Pertunjukan Seni Musik Tradisional

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 22 November 2021 01:18, Dibaca 45 kali.


MMCKalteng – Pulang Pisau - Satuan Pendidikan Nonformal Sejenis Sanggar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan Pertunjukan Seni Musik Tradisional untuk Menarik Minat Masyarakat “Jus Altukat,” di gedung SPNF SKB Jalan Pejuang Rei V Desa Mantaren II, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (20/11/2021). Kepala SPNF SKB Kabupaten Pulang Pisau, Bungas mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Aktualisasi Latsar CPNS tahun 2021. Bungas mengakui, sejak awal dibuka hingga 2021, SPNF SKB Kabupaten Pulang Pisau masih kurang dikenal oleh masyarakat Pulang Pisau. Ia berharap, selain sebagai media perkenalan SPNF SKB ke masyarakat, kegiatan tersebut juga dapat diaplikasikan untuk media pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik.

"Tujuan dari kawan-kawan, khususnya pamong belajar bahwa SPNF SKB ini perlu dikenali oleh masyarakat. Seni pertunjukan yang dipentaskan selain sebagai hiburan, juga sangat sesuai untuk dijadikan media pembelajaran peserta didik atau warga belajar yang merupakan siswa paket kesetaraan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, SPNF SKB kita ada suatu aktivitas yang dinamis sehingga dapat dikenal secara luas di Kabupaten Pulang Pisau," pungkas Bungas saat diwawancarai, Senin (22/11/2021).

(Baca Juga : Bupati Mura Silaturahmi ke Kalteng Pos Group)

Tidak tanggung-tanggung, kegiatan bertajuk seni pertunjukan tradisional tersebut menghadirkan "Cha Catuk Percussion South Borneo" komunitas seni musik perkusi dari Kota Banjarmasin. Hal ini diungkapkan oleh Rezha yang merupakan penggagas acara sekaligus peserta Aktualisasi Latsar CPNS Kabupaten Pulang Pisau tahun 2021.

"Alasan saya mengundang rekan-rekan dari Banjarmasin, pertama karena saya merupakan anggota komunitas Cha Catuk Percussion. Kedua, saya ingin memberikan nuansa berbeda dalam proses belajar mengajar nanti. Hiburan tentunya, namun di sini saya juga ingin memberikan edukasi berkaitan dengan alat musik pukul atau perkusi dan jenis-jenisnya," ungkap Rezha via WA.

Senada dengan keterangan dari ketua Cha Catuk Percussion South Borneo, Surya T. saat dihubungi via telpon. Surya menjelaskan bahwa dirinya sangat terkesan dengan semangat dan apresiasi yang diberikan oleh jajaran SPNF SKB Kabuapten Pulang Pisau atas undangan ke komunitasnya.

"Artinya untuk perkenalan sebuah proses alat musik konsep ini sangat menarik. Kita memainkan beberapa alat musik tradisi yang memang kebanyakan untuk di Kalimantan kurang dipahami, khususnya di wilayah perkotaan. Saya sangat suka berbagi, lebih pada sharing keilmuan dari apa yang pernah kita dapat. Harapan saya nantinya, Rezha bisa mengembangkan bukan hanya seni musik, tetapi juga kesenian secara umum, seperti drama, sastra dll. Semoga kegiatan bisa menjadi salah satu pintu untuk masuk ke cabang kesenian yang lain," jelas Surya. (MC. Pulang Pisau/A.R.R.)

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook