Dislutkan Prov. Kalteng Laksanakan Koordinasi dan Supervisi Pembinaan Pokmaswas Bersama Direktorat POA Ditjen PSDKP dan Inspektorat II KKP

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 20 November 2021 16:15, Dibaca 385 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H. Darliansyah yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Dislutkan Prov. Kalteng Hj. Rasifahani menerima kunjungan Direktorat Pemantauan Operasi dan Armada (POA), Direktorat Jenderal (Ditjen) PSDKP Putu Pinandytha Bagus Rinata dan Inspektorat II Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Dewantara beserta tim di Kantor Dislutkan Prov. Kalteng, Rabu (17/11/2021). Kunjungan ini dalam rangka kegiatan Koordinasi dan Supervisi Pembinaan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di Prov. Kalteng.

Pada kesempatan itu Kepala Bidang PSDKP Dislutkan Prov. Kalteng Hj. Rasifahani menyampaikan bahwa keberadaan Pokmaswas dalam pengawasan sumber daya ikan sangat dibutuhkan karena masyarakat merupakan ujung tombak dalam membantu pengawasan di lapangan. Hal ini sejalan dengan tugas dan fungsi Pokmaswas sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.58/MEN/2001 tentang Tata Cara Pelaksanaan Siswasmas dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan adalah membantu pengawasan dengan melakukan pemantauan, mendengar dan melaporkan apabila ada tindakan pelanggaran perikanan ke aparat hukum.    

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Seruyan Tahun 2020)

Kegiatan dilanjutkan dengan supervisi pembinaan kepada 3 Pokmaswas yang ada di Kota Palangka Raya yaitu Pokmaswas Sei Gohong Hapakat, Kelurahan Sei Gohong, Pokmaswas Panatau Itah, Kelurahan Banturung, dan Pokmaswas Simpei Karuhei, Kelurahan Tumbang Tahai yang diwakili oleh pengurus masing-masing Pokmaswas, Kamis (18/11/2021). Supervisi Pembinaan Pokmaswas ini dilaksanakan di Kantor Camat Bukit Batu dan bersama dengan Pokmaswas untuk langsung melaksanakan kegiatan di lapangan. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kota Palangka Raya Indriawati Ritadewi beserta jajarannya, Camat Bukit Batu Hendrikus Satria Budi dan Kepala Seksi Pengawasan Sumber Daya Perikanan (PSDP) Dislutkan Prov. Kalteng Dewi Indrawati Handayani.


Indriawati Ritadewi menyampaikan, "Adanya Peraturan Walikota Tahun 2021 tentang Pokmaswas sebagai payung hukum merupakan salah satu cara untuk mengatasi maraknya illegal fishing di Kecamatan Bukit Batu, sehingga diharapkan Pokmaswas dapat menjaga sumber daya kelautan dan perikanan di Kota Palangka Raya tetap lestari dan nilai pendapatan tidak hilang."

Pada tahun 2021, Kota Palangka Raya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) memberikan bantuan berupa alat tangkap dan perahu 4 buah kepada nelayan dan Pokmaswas untuk meningkatkan pengawasan di sungai wilayah Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya.

"Kami dari Kecamatan Bukit Batu sangat mendukung dan terbantu dengan adanya Pokmaswas dalam menjaga sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah Kecamatan Bukit Batu," ucap Camat Bukit Batu, Hendrikus Satria Budi.


Sementara, Direktorat POA Ditjen PSDKP Putu Pinandytha Bagus Rinata berpesan, "Sebagai Pokmaswas, tugas dan fungsinya yaitu melihat, mendengar dan melaporkan (3M) agar jangan sampai adanya permasalahan yang terjadi di masyarakat, karena Pokmaswas adalah ujung tombak informasi-informasi pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan yang ada di lapangan, di seluruh Indonesia berasal dari Pokmaswas."

"Diharapkan Pokmaswas yang ada di Kota Palangka Raya dapat meningkatkan peran aktifnya dalam melakukan pengawasan sumber daya perikanan serta aktif dalam pengawasan dan terdokumentasi dengan baik secara administrasi. Pembinaan Pokmaswas ini agar Pokmaswas yang ada di Kota Palangka Raya dan kabupaten/kota yang lain dapat lebih aktif dalam kegiatan pengawasan dan pengendalian demi terjaganya potensi sumber daya kelautan dan perikanan Kalimantan Tengah," tambah Inspektorat II KKP, Wahyu Dewantara. (AHS/Tin)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook