Meriahkan Harkannas Kalteng ke-8, Dislutkan Prov. Kalteng Gelar Lomba Desain Twibbon dan Lomba Menulis Artikel

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 14 November 2021 13:00, Dibaca 1,490 kali.


MMCKalteng Palangka Raya Hari Ikan Nasional (Harkannas) diperingati setiap tahun pada tanggal 21 November. Harkannas yang ditetapkan oleh Presiden melalui Keputusan Presiden No. 3 Tahun 2014 tanggal 24 Januari 2014 tentang Hari Ikan Nasional.

Penetapan Hari Ikan Nasional dilandasi tiga pertimbangan. Pertimbangan pertama adalah bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi Nasional upaya-upaya yang diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi. Pertimbangan yang kedua bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal dan lestari untuk bangsa. Sedangkan pertimbangan ketiga adalah bahwa selama ini pemangku kepentingan di bidang perikanan telah mendukung tanggal 21 November sebagai Hari Perikanan Dunia (Hari Perikanan Dunia )). Oleh karena itu, guna mendorong tingkat konsumsi ikan di Indonesia, Pemerintah menetapkan tanggal 21 November sebagai Hari Ikan Nasional (HARKANNAS).

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Antisipasi Penyebaran Covid-19 Jelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H)

Harkannas menjadi momentum meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Seluruh bagian dari ikan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk bernilai tinggi. Komponen ikan tidak hanya dalam produk pangan, tetapi juga dimanfaatkan dalam beberapa hal lainnya seperti produk farmasi, kosmetik, pangan fungsional, material medis hingga fashion .

Tahun 2021 ini, diperingati sebagai Hari Ikan Nasional ke-8 dengan Tema “Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul”. Dari tema Nasional ini kemudian dapat diwujudkan melalui Tema Kalimantan Tengah (Kalteng) “Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul Mewujudkan Kalteng Semakin Berkah”.

Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng meningkatkan Harkannas setiap tahunnya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Harkannas tahun ini diselenggarakan dengan mengadakan lomba yang melibatkan masyarakat umum.

Kepala Dislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah saat dihubungi tim MMC Kalteng pada Minggu (14/11/2021) menyampaikan bahwa Gubernur Kalteng  H. Sugianto Sabran sangat mengapresiasi adanya Harkannas ke-8 tahun 2021 ini dan mengarahkan kegiatan Harkannas di Kalteng dapat dilaksanakan dengan baik dan melibatkan seluruh masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.


Darliansjah mengatakan bahwa Peringatan Puncak Harkannas ke-8 Tahun 2021 di Kalteng akan dilaksanakan pada tanggal 25 November 2021 sesuai dengan Surat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Nomor B.2238/DJPDSPKP/X/2021, tanggal 15 Oktober 2021, Perihal Puncak Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2021 berupa keikutsertaan Prov. Kalteng yang diwakili oleh Dislutkan Prov. Kalteng mengikuti Makan Bersama Serba Ikan Seluruh Indonesia. Kegiatan Makan Bersama Serba Ikan ini melibatkan pemangku kepentingan antara lain, Dharma Wanita Prov. Kalteng, Dharma Wanita Sekretariat Daerah (Setda) Prov. Kalteng, Dharma Wanita Dislutkan Prov. Kalteng, dan beberapa rumah makan yang ada di Kalteng.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan Harkannas ke-8 Tahun 2021 di Kalteng dilaksanakan pula beberapa lomba yang dapat diikuti untuk memeriahkan Harkannas ke-8 Tahun 2021 di Kalteng ini.


"Dalam rangka memeriahkan Hari Ikan Nasional ke-8 Tahun 2021 ini selain kegiatan utama pada Puncak Hari Ikan Nasional tanggal 25 November nanti, kami mengadakan beberapa lomba yaitu Lomba Desain Twibbon dan Lomba Menulis Artikel yang dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat secara umum dengan memperhatikan ketentuan dan mekanisme lomba yang dapat dilihat melalui website resmi dan akun media sosial Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng,” ujar Darliansjah.

Lomba ini dapat diikuti mulai dari sekarang dan akan ditutup pada tanggal 18 November 2021 untuk dilakukan penilaian oleh dewan juri. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada tanggal 20 November 2021 melalui website resmi dan akun media sosial Dislutkan Prov. Kalteng serta media cetak. Penyerahan hadiah lomba dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Puncak Harkannas ke-8 tahun 2021 pada tanggal 25 November 2021 di Aula Dislutkan Prov. Kalteng.

Informasi mengenai ketentuan dan mekanisme lomba dapat dilihat pada website resmi Dislutkan Prov. Kalteng: dislutkan.kalteng.go.id dan juga melalui Facebook: Dinas Kelautan Perikanan Kalteng, serta Instagram: Dislutkan Kalteng (@dislutkankalteng). Diharapkan kegiatan lomba ini dapat menarik minat dan antusias masyarakat dalam mengembangkan kreativitasnya untuk menghasilkan karya berupa twibbon dan artikel yang mengutamakan ikan khas Kalteng. Hasil karya pemenang lomba akan dipublikasikan dan digunakan pada Hari Ikan Nasional tanggal 21 November 2021 mendatang. 

"Harapannya melalui perlombaan ini dapat menarik minat masyarakat dalam mengembangkan kreativitasnya dalam mendesain twibbon dan menulis artikel dan menumbuhkan rasa cinta terhadap perikanan, khususnya di Kalimantan Tengah, sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menciptakan generasi yang tangguh dan unggul demi mewujudkan Kalteng Semakin Berkah, tutup Darliansjah.(Tin)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook