Kominfosantik Gumas Beri Edukasi Pramuka Anti Hoax pada Jambore Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 2021

Kontribusi dari DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS, 06 November 2021 00:59, Dibaca 203 kali.


MMCKalteng - Gunung Mas – Kegiatan Jambore Cabang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gunung Mas Tahun 2021 yang berlangsung dari tanggal 4 sampai 7 November 2021 di Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru Kuala Kurun telah resmi dibuka oleh Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong pada Kamis (4/11/2021) lalu. Peserta pada umumnya terdiri dari para pelajar yang mewakili Kwarran dari 12 kecamatan untuk diberikan pembekalan ilmu non formal yang bertujuan untuk menempa keterampilan, pengetahuan serta memupuk jiwa disiplin dan kebersamaan dalam kelompok.


Banyak ilmu yang diberikan bagi para peserta, bukan hanya keterampilan dan kedisiplinan yang diasah, anggota pramuka juga dituntut ilmu pengetahuannya dalam upaya menangkal isu-isu hoax yang marak terjadi di era kemajuan digital saat ini melalui berbagai situs internet dan jejaring sosial media yang kerap didominasi oleh banyak kalangan milenial, secara khusus yang masih minim pengetahuan yang bijak dalam bersosial media.

(Baca Juga : Dewan Apresiasi Penyelenggaraan Pameran Book Fair dan Expo Di Pulang Pisau)


Dalam kegiatan ini Dinas Kominfosantik Gunung Mas dipercayakan sebagai Narasumber untuk memberi edukasi tentang bahaya dan antisipasi mengenai informasi atau berita palsu (hoax) kepada para peserta dalam sesi khusus yang bertemakan “Pramuka Anti Hoax” pada Jumat (5/11/2021).

Kegiatan berjalan dengan lancar dan menarik, karena diisi dengan teriakan yel-yel menarik yang dipandu Kakak Pembina guna mencairkan suasana saat materi berlangsung, serta sesi tanya jawab berhadiah di penghujung materi. Walaupun demikian kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi volume peserta hanya 2 orang saja dari Kawarran masing-masing, dengan menjaga jarak serta selalu memakai masker.

Adapun yang menjadi Narasumber adalah Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Emi Juniati yang didampingi Analis Sistem Informasi Han Kumbara. (Han Kumbara / Foto: Han Kumbara) 

DINAS KOMINFOSANTIK KAB. GUMAS

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook