Wagub Kalteng Menerima Audensi Kepala BRGM RI

Kontribusi dari Widia Natalia, 03 November 2021 14:10, Dibaca 35 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menerima audensi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Hartono, bertempat di Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (03/11/2021).

Nampak hadir Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan BRGM Tris Raditian, Kepala kelompok kerja Wilayah Kalimantan dan Papua Jany Tri Raharjo, Kepala kelompok kerja pengembangan usaha masyarakat Cyprianus Nugroho, Kepala kelompok kerja partisipasi kemitraan M.Yusuf, Kepala Kelompok kerja Kerjasama, Hukum dan Humas Didy Wurjanto dan Kepala Kelompok kerja teknik restorasi Agus Yasin. Dari Pemprov. Kalteng hadir Kepala Dinas  TPHP Prov. Kalteng Sunarti, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Siswanto dan Plt. Kepala Dinas LH Prov. Kalteng Vent Christway.

(Baca Juga : Gubernur Kalteng: Jadikan Momentum Hari Jadi ke - 69 Ini Untuk Membangun Semangat Baru dan Selalu Mengedepankan Kebersamaan Dalam Mewujudkan Pembangunan di Kabupaten Barito Utara)

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BRGM Hartono menyampaikan peran BRGM dalam pencegahan kebakaran hutan di lahan gambut. BRGM membangun infrastruktur pembasahan gambut untuk memperlambat laju pengeringan sehingga bila cuaca tidak mendukung, air yang tersimpan masih cukup. BRGM juga melatih masyarakat untuk tidak membakar dengan memberikan alternatif sumber kehidupan (program R3) dan alternatif teknik budidaya (pengelolaan lahan tanpa bakar). Pendekatan Restorasi Gambut (3R) meliputi rewetting/pembasahan gambut (R1), revegetasi/penanaman kembali (R2) dan revitalisasi mata pencaharian masyarakat (R3).

Hartono menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan gambut secara bijak dan berkelanjutan. Pertama, menetapkan dan memfungsikan Fungsi Ekosistem Gambut dalam setiap KHG. Kedua, Ketiga, menerapkan prinsip berbagi air. Keempat, memastikan muka air tanah tidak kurang dari batas minimal yang dipersyaratkan. Kelima, melakukan analisis in-out dengan melihat kanal yang dibangun serta analisis laju pengeringan dengan mempertimbangkan evapotranspirasi,. Keenam, menghindari penggunaan api sebagai metoda pembersihan lahan. Terakhir, memilih komoditas yang sesuai dengan karakteristik lahan gambut.

BRGM bekerja secara khusus, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh untuk mempercepat pemulihan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut yang rusak pada areal restorasi gambut di Provinsi Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Papua. BRGM juga melakukan percepatan pelaksanaan rehabilitasi mangrove di Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Sebagaimana diketahui, Indonesia sebagai pemilik 20% mangrove dunia mendapat tantangan dengan kondisi mangrove yang kritis sebesar kurang lebih 19%.(wdy/foto:Yudis)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook