Kominfo RI Bekerja Sama dengan BPSDM Prov. Kalteng Gelar Pelatihan GTA

Kontribusi dari BPSDM Kalteng, 29 Oktober 2021 16:00, Dibaca 5 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerja sama dengan BPSDM Prov. Kalteng menyelenggarakan Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) di BPSDM Prov. Kalteng, mulai tanggal 21 sampai dengan 29 Oktober 2021. Pelatihan GTA ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D).

Skema pelatihan pada program GTA dirancang mulai dari tingkat basic skill yang berkaitan dengan literasi digital, intermediate skill yang menekankan peningkatan kompetensi teknis, hingga advance skill yang menyasar ke para pengambil keputusan. Pelatihan GTA ini berlangsung secara online dan blended yang memadukan metode online dan offline. Durasi pelatihan berbeda-beda sesuai dengan tema pelatihan. Pada pelatihan online, peserta dapat mengatur sendiri waktu belajar secara mandiri dalam batas waktu pelatihan.

(Baca Juga : Kesbangpol Prov. Kalteng Terima Kunjungan Studi Komparatif dari Kesbangpol Kota Banjarmasin)

Pelatihan GTA juga membuka kelas khusus dengan metode pembelajaran blended. Kelas khusus ini didedikasikan untuk K/L/D yang menghendaki kelas tersendiri untuk para ASN-nya. Syarat yang harus dipenuhi oleh  K/L/D adalah penyediaan ruang belajar, minimal 4 kelas, dan tempat menginap peserta bila diperlukan.


Sementara, Kementerian Kominfo bertanggung jawab dalam konsumsi pelatihan, seminar kit, ATK, honor pengajar, uang saku peserta, transport lokal peserta, honor panitia bersama, dan akun video conference. Pelatihan GTA yang dilaksanakan ini fokus pada 4 skema pelatihan yakni Digital Public Relations, Business Process Engineer, Network Administrator, dan Graphic Designer Programmer. 

Dalam sambutannya, Kepala BPSDM Prov. Kalteng Sri Widanarni menyampaikan bahwa transformasi digital menjadi kunci untuk bertahan di masa pandemi, momentum ini tidak boleh dilewatkan dan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. BPSDM Prov. Kalteng berupaya memanfaatkan momentum ini untuk pengembangan talenta digital di program Digital Talent Scholarship (DTS) dan salah satunya yakni GTA ini, untuk mendukung tugas sebagai ASN sehingga mampu melaksanakan tugasnya secara profesional.


Pelatihan GTA ini ditutup oleh Kepala Balitbang SDM Kominfo Banjarmasin Abdul Rahman di aula utama BPSDM Prov. Kalteng, Jumat (29/10/2021). Acara ditutup dengan pelepasan tanda peserta secara simbolis.

Pelatihan GTA yang diselenggarakan di BPSDM Prov. Kalteng ini menerapkan protokol kesehatan, koordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 Kota Palangka Raya. Sebelum pelaksanaan kegiatan semua peserta dan panitia penyelenggara sudah melakukan tes swab Covid-19.(Rendy BPSDM / Dewit BPSDM).

BPSDM Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook