Desk Pilkada Prov. Kalteng Tinjau Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Murung Raya

Kontribusi dari Widia Natalia, 09 Desember 2020 12:55, Dibaca 396 kali.


MMCKalteng – Murung Raya – Tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melakukan kunjungan ke Kabupaten (Kab) Murung Raya. Kunjungan tim Desk Pilkada Prov. Kalteng dalam rangka memantau pelaksanaan Pilkada langsung khususnya Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng di Kab. Murung Raya, Rabu (09/12/2020).  

Anggota Desk Pilkada Prov. Kalteng yang bertugas melakukan pemantauan di Kab. Murung Raya yakni Kepala Badan Keuangan Daerah Prov. Kalteng Nuryakin. Pemantauan dilakukan kesejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam Kota Puruk Cahu diantaranya TPS 23, TPS 24, TPS 05 dan TPS 19.

(Baca Juga : Vaksin Covid-19 Periode Pertama Tiba di Prov. Kalteng)

Pemantauan pelaksanaan Pilkada di Kab. Murung Raya dipimpin langsung oleh Bupati Murung Raya Ferdie M. Yosef. Proses pemantauan pemungutan suara dilakukan bersama-sama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kab. Murung Raya.

Berdasarkan pemantauan dari anggota Desk Pilkada Prov. Kalteng dan Pemkab. Murung Raya, secara umum pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kab. Murung Raya berlangsung lancar, tertib, dan aman, serta dalam suasana kondusif. Setiap masyarakat yang ingin menggunakan hak pilihnya wajib menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk ke TPS, diperiksa suhu tubuh serta menggunakan sarung tangan dan menjaga jarak aman.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil pemantauan pada tanggal 7 Desember 2020 pukul 10.00 WIB bertempat di halaman Kantor KPU Kab. Murung Raya telah dilaksanakan pelepasan pendistribusian logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Tahun 2020 yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalteng dan disaksikan oleh Bupati Murung Raya Ferdie M. Yosef serta dihadiri juga oleh anggota Desk Pilkada Provinsi untuk Kab. Murung Raya Nuryakin. Pada tanggal 8 Desember 2020 pukul 09.00 WIB, dilaksanakan pemantauan kesiapan TPS oleh Sekretaris Daerah Kab. Murung Raya Hermon di dampingi oleh Ketua KPU dan Ketua Banwaslu Kab. Murung Raya, Kasat Pol PP Kab. Murung Raya, Pejabat dari Dinas Kesehatan Kab. Murung Raya, anggota Desk Pilkada Kab. Murung Raya dan Tim Pemantauan Desk Pilkada Prov. Kalteng. 

Pada saat melakukan peninjauan, Sekretaris Daerah Kab. Murung Raya Hermon selaku Ketua Tim Desk Pilkada Kab. Murung Raya memberikan arahan dan penekanan pada kelengkapan dan penerapan SOP Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 kepada para Ketua dan anggota KPPS antara lain tempat cuci tangan, bilik khusus, pencegahan terjadinya kerumunan dan penumpukan pemilih dengan mengatur tempat dan antrian pada saat pencoblosan. Hermon juga secara langsung memerintahkan pemindahan lokasi dan mengubah tempat pencoblosan karena ada KPPS yang menggunakan ruang yang sempit dan tertutup, agar diganti menggunakan tenda di ruang terbuka. Pemantauan dilanjutkan pada malam hari bersama dengan anggota Desk Kab. Murung Raya.(Foto:Ist)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook